Genap 15 Tahun, Google Maps Hadirkan Ikon dan Fitur Baru

Jumat 07 Februari 2020, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Google merayakan 15 tahun platform peta—Google Maps—dengan menghadirkan ikon dan berbagai fitur baru. Dikutip dari tempo.co, tampilan baru akan muncul di Google Maps, dimulai dengan penghapusan menu tiga tanda strip atau hamburger.

Google Maps pertama kali diluncurkan pada 2005, bahkan sebelum Android dan iOS ada. Begitu Android muncul, salah satu nilai jualnya adalah bahwa penggunanya memiliki aplikasi gratis untuk petunjuk arah, menguasai tikungan demi tikungan jalan. Google Maps berkolaborasi dengan perusahaan navigasi TomTom dan Garmin yang menjual unit GPS-nya, dan operator AS membebankan biaya berlangganan.

Dalam unggahan di Google Blog hari ini, Jumat 7 Februari 2020, pembaruan dijelaskan berupa tambahan dua tab baru di bagian bawah penampakan aplikasi menjadi seluruhnya lima tab. Masing-masing menawarkan fungsi yang berbeda.

Pertama, Jelajah. Pengguna akan menemukan tempat baru berdasarkan rekomendasi pribadi. Pengguna juga bisa mencari restoran, atraksi kota, dan beserta ulasannya.

Kedua, fitur Bolak-balik. Tab ini membantu pengguna dengan cepat menemukan cara terbaik untuk kembali ke rumah atau kembali bekerja, baik dengan mobil, mass rapid transit, atau berjalan kaki.

Tab ketiga adalah Disimpan. Dengan fitur ini, pengguna akan menemukan tempat, reservasi, dan rencana tersimpan untuk perjalanan mendatang. Termasuk dapat membagikan rekomendasi kepada teman-teman dari tempat yang telah dikunjungi.

Fitur keempat, Berkontribusi. Pengguna dapat meninggalkan ulasan tempat, berbagi detail tentang alamat, dan menambahkan jam kerja yang hilang. Dan kelima, Pembaruan, umpan dari tempat-tempat terdekat yang sedang tren. Ini membantu menemukan tempat-tempat terdekat dan menghubungi relasi bisnis untuk mendapat informasi.

Selain itu, fitur transit juga semakin diperbarui. Selain waktu kedatangan langsung dan prediksi kepadatan, Google Maps akan menawarkan aspek baru perjalanan melalui angkutan umum.

Pengendara transit bisa melihat informasi suhu sehingga dapat mengantisipasi apakah harus menggunakan jaket atau tidak. Ada juga informasi aksesibilitas baru yang memungkinkan pengendara mengetahui jalur kereta atau bus mana yang menawarkan pintu masuk yang dapat diakses. Termasuk informasi petugas untuk membantu penumpang berkebutuhan khusus.

Ada juga Info Keamanan baru yang memberi tahu bagian mana dari sistem transit yang dipantau oleh kamera atau petugas keamanan langsung. Sehingga, penumpat mass rapid transit dapat memilih rute berdasarkan jumlah kereta sehingga mereka dapat memastikan dan menemukan tempat duduk.

Google juga menyatakan akan memperluas ketersediaan navigasi Live View dalam beberapa bulan mendatang. Pengguna diharapkan untuk mengaktifkan kemampuan dan fitur baru untuk Live View.

Untuk mendapatkan itu semua, pengguna dapat mengunduh pembaruan sekarang baik di iOS atau Android. Satu-satunya hal yang berubah adalah ikon aplikasi. Sedang tata letak tab baru mungkin akan muncul secara bertahap.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)