Codot Chanel, Eksistensi Bocah Ngapak Ciracap Sukabumi di You Tube

Sabtu 25 Januari 2020, 07:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini dengan mudahnya seseorang memiliki channel You Tube. Selanjutnya, kreatifitas pun diasah dengan harapan channel You Tube yang dimiliki mempunyai banyak subscribe.

Dari sekain banyak konten, yang paling banyak dibuat yaitu hiburan seperti Codot Channel atau Bocah Ngapak Waluran milik para pemuda Kampung Waluran, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Modal Nada Ngawur, YouTube Tetap Bisa Tebak Lagu yang Dimaksud

Meskipun dibuat para pemuda asal Kabupaten Sukabumi, tapi kontennya berbahasa Jawa. Inilah keunikannya. Channel ini dikelola editor Galeri Axa Pendopo. Adapun orang yang terlibat dalam channel ini yaitu kameramen Predi Hernanda (19 tahun), sutradara Anto Buyung (26 tahun) kemudian para pemain Adzi Rahman (21 tahun), Aryo Ruswanto (15 tahun), Sep Setiawan (14 tahun), Ruswandi (25 tahun), Riky Durohman (19 tahun), Linda (15 tahun), Parijan (17 tahun), Irwan Suhandi (17 tahun), Tati (17 tahun), dan Gusnawan (30 tahun).

Menggunakan bahasa jawa dalam setiap adegannya bukan tanpa alasan karena yang terlibat dalam channel tersebut merupakan suku Jawa yang merupakan keturunan penduduk Cilacap dan Kebumen Jawa Tengah. Adapun nama Bocah Ngapak Waluran itu karena daerah Ciracap dan Kebumen ini berbicara dengan dialek ngapak yang khas. 

Mereka tinggal di Ciracap Kabupaten Sukabumi sudah begitu lama dan yang membuat Codot Chanel ini merupakan keturunan ke tujuh. Mereka ingin menunjukan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. 

BACA JUGA: 10 Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Paling Tinggi di 2019

"Kami  merupakan generasi ke tujuh, berkeinginan untuk memperkenalkan adat istiadat jawa dan kreativitas anak anak keturunan jawa melalui channel You Tube, sehubungan masih banyak orang yang belum tahu keberadaan kami di Sukabumi Selatan tersebut, maka kami membuat Channel tersebut," ujar Ketua Bocah Ngapak Waluran, Anto Buyung (26 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (25/1/2020).

Codot Chanel atau Bocah Ngapak Waluran sudah tiga bulan dibuat dan memiliki 951 subscribe dan sudah membuat 19 video. Cerita dalam channel ini mulai dari kehidupan sosial anak-anak kampung, drama percintaan, juga wisata di Pantai Pangumbahan, Pantai Pasir Putih dan Pantai Ujunggenteng dan emuanya menggunakan bahasa jawa.

"Selain bentuk kreativitas memperkenalkan budaya Jawa Tengah di tengah masyarakat Sunda, inipun bagian dari kami merangkul para pemuda bersilaturahmi baik dengan sesama suku Jawa maupun Sunda, dan mengembangkan potensi wilayah," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).