Menu

06 Des 2019, 11:00 WIB

Google Digugat karena Diduga Mencuri Lirik Lagu

Google Indonesia sebagai ilustrasi. | Sumber Foto:Suara.com/Tivan Rahmat

SUKABUMIUPDATE.com  - Situs web lirik lagu terbesar, Genius, menggugat Google dengan tuduhan pencurian lirik lagu. Genius mengatakan bahwa Google menyalin lirik lagunya dan menampilkannya dalam hasil pencarian.

Genius menduga pada awal tahun ini beberapa lirik lagu telah disalin Google dari situs webnya. Kini Genius melayangkan gugatan atas lirik yang dicuri kepada Google dan mitra lirik LyricFind, karena melanggar ketentuan layanan serta meminta ganti rugi sebesar 50 juta dolar AS.

Gugatan yang diajukan di Brooklyn, New York, pada 3 Desember menyebutkan bahwa tindakan Google tidak hanya melanggar persyaratan layanannya, tetapi juga merugikan.

Genius memang dikenal sebagai platform untuk mencari lirik lagu dan membuat anotasi lirik. Situs ini menggunakan trik watermarking dengan tanda kutip lurus dan melengkung untuk membuktikan bahwa Google telah menyalin lirik lagu dari situsnya.

Dilansir laman The Verge, Google merespon dengan mengatakan bahwa perusahaannya melisensikan lirik lagu dari berbagai sumber, termasuk LyricFind. Kemudian meminta LyricFind untuk menyelidiki masalah ini.

Menariknya, baik Genius dan Google memegang lisensi dari penerbit musik untuk mencetak lirik lagu dan membuat gugatan lebih berfokus bagaimana Google mendapatkan lirik untuk ditampilkan di halaman pencarian.

Terbaru, menurut pengadilan pengambilan data dari web tidak termasuk tindakan ilegal. Tapi beberapa web seperti Genius memang memiliki kebijakan untuk melarang penyalinan data dari situsnya.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Adnan Ibrahim, dokter spesialis penyakit dalam, meninggal dunia di usia 47 tahun karena Covid-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mengutip Suara.com, Adnan merupakan dokter spesialis di Rumah Sakit...

Tamu Mang Koko Live - Bantuan Untuk Pekerja Bergaji Di Bawah 5 Juta, Siapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah informasi terkait penangguhan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka pada tanggal 18 Agustus 2020 di Kota Sukabumi beredar menjadi pesan berantai di grup aplikasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Pagebluk Covid-19 membuat siswa-siswi di SDN Cikawung, Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi kesulitan belajar, apalagi saat harus belajar online atau daring. SDN Cikawung memiliki jumlah siswa 29...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya