Menu

06 Des 2019, 11:00 WIB

Google Digugat karena Diduga Mencuri Lirik Lagu

Google Indonesia sebagai ilustrasi. | Sumber Foto:Suara.com/Tivan Rahmat

SUKABUMIUPDATE.com  - Situs web lirik lagu terbesar, Genius, menggugat Google dengan tuduhan pencurian lirik lagu. Genius mengatakan bahwa Google menyalin lirik lagunya dan menampilkannya dalam hasil pencarian.

Genius menduga pada awal tahun ini beberapa lirik lagu telah disalin Google dari situs webnya. Kini Genius melayangkan gugatan atas lirik yang dicuri kepada Google dan mitra lirik LyricFind, karena melanggar ketentuan layanan serta meminta ganti rugi sebesar 50 juta dolar AS.

Gugatan yang diajukan di Brooklyn, New York, pada 3 Desember menyebutkan bahwa tindakan Google tidak hanya melanggar persyaratan layanannya, tetapi juga merugikan.

Genius memang dikenal sebagai platform untuk mencari lirik lagu dan membuat anotasi lirik. Situs ini menggunakan trik watermarking dengan tanda kutip lurus dan melengkung untuk membuktikan bahwa Google telah menyalin lirik lagu dari situsnya.

Dilansir laman The Verge, Google merespon dengan mengatakan bahwa perusahaannya melisensikan lirik lagu dari berbagai sumber, termasuk LyricFind. Kemudian meminta LyricFind untuk menyelidiki masalah ini.

Menariknya, baik Genius dan Google memegang lisensi dari penerbit musik untuk mencetak lirik lagu dan membuat gugatan lebih berfokus bagaimana Google mendapatkan lirik untuk ditampilkan di halaman pencarian.

Terbaru, menurut pengadilan pengambilan data dari web tidak termasuk tindakan ilegal. Tapi beberapa web seperti Genius memang memiliki kebijakan untuk melarang penyalinan data dari situsnya.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Aktris Nirina Zubir nyaman jadi istri kedua. Tapi nanti dulu, nyaman di sini maksudnya menikmati peran sebagai istri kedua di serial GoPlay berjudul Saiyo Sakoto. "Jadi enak banget,...

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran Polres Sukabumi Kota mengamankan tiga tersangka pembacokan anggota ormas BPPKB, Sabtu (25/1/2020). Ketiganya ditangkap pasca bentrok di Jalan Raya Sukabumi - Cianjur, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) mengumumkan pemenang lomba redesign logo baru FKDB. Dari 245 (sebelumnya 266) peserta  yang mengirimkan hasil karyanya, nama Husnul Yaqin warga Jalan Pejaten Barat...

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi mengamankan tiga orang tersangka pasca pembacokan dua kelompok ormas di Jalan Raya Sukabumi - Cianjur, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Jumat (24/1/2020). Ketiga pelaku diperlihatkan dalam konferensi...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya