Menu

Rabu, 09 Oktober 2019, 11:58 WIB

Kembali Beredar, Hoaks Pesan WhatsApp Bagi-bagi Kuota Internet

Pesan hoaks WhatsApp bagi-bagi kuota | Sumber Foto:istimewa

Pesan WhatsApp bagi-bagi kuota internet gratis kembali beredar. Pesan tersebut berisi bahwa WhatsApp sedang merayakan hari jadi ke-9, dengan menghadirkan sebuah link yang harus dikunjungi. Pesan tersebut meminta penerimanya untuk membuka laman Whatsgift untuk mendapatkan kuota internet sebanyak 20 GB secara gratis.

Pesan tersebut dibantah. "Ini kan sudah lama beredar berita palsu yang ini. Setiap tahun berulang," ujar juru bicara Facebook kepada Tempo melalui percakapan WhatsApp, Rabu, 9 Oktober 2019. Sebelumnya pada Januari lalu, pesan serupa juga beredar. Hanya saja pesannya berisi bahwa aplikasi besutan Facebook itu merayakan ulang tahun ke-10 dengan membagikan kuota internet gratis sebanyak 35 gigabita (GB) dengan mengharuskan penggunanya untuk masuk dalam sebuah laman.

"WhatsApp Ulang Tahun ke 10: Dapatkan 35 GB internet gratis untuk operator seluler Anda untuk digunakan dalam 6 bulan. Minta sekarang di https://fitedetox.club/id-35gb," begitu bunyi pesan yang beredar di WhatsApp.

Saat itu WhatsApp juga memberikan konfirmasi bahwa informasi yang beredar itu bohong. "Itu hoaks, enggak ada sama sekali," ujar WhatsApp akhir Januari lalu. "Waspada terhadap link broadcast seperti itu. Pengguna harus teliti terhadap setiap link yang dicantumkan."

Menurut WhatsApp, jika link resmi, baik dari WhatsApp atau aplikasi milik Facebook, akan dicantumkan menggunakan nama setiap aplikasinya. "Kalau resmi dari kami, linknya pasti link kita juga, semisalnya facebook.com atau whatsapp.com," kata WhatsApp.

Juru bicara Facebook tersebut kembali menekankan bahwa setiap tahun pesan hoaks tersebut selalu berulang. "Setiap tahun selalu berulang lho, padahal sama media-media juga sudah sering banget diangkat dan diinfokan kalau ini palsu," tuturnya.

SUMBER: TEMPO.CO

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Fitur yang memungkinkan pengirim pesan menghapus pesan yang dikirim di WhatsApp terkadang membuat jengkel dan penasaran penerima pesan. Meski tidak ada fitur bawaan yang dapat membuat pesan...

SUKABUMIUPDATE.com - WhatsApp telah menambahkan dukungan untuk bermain video Instagram dan Facebook dalam aplikasi itu, sebagaimana dilaporkan The Verge, 7 Mei 2018. Kini ketika seseorang mengirimi Anda video Facebook dan Instagram,...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membahas soal aliran dana kelompok penyebar hoax The Family Muslim Cyber Army (The Family MCA). Kepala Bareskrim...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya