Menu

Rabu, 01 Mei 2019, 05:40 WIB

Google Tambahkan Mode Gelap ke Aplikasi Android

Dark mode atau mode gelap hadir di Google Calculator. | Sumber Foto:Kredit: Phone Arena.

SUKABUMIUPDATE.com - Jika mata Anda merasa tegang setiap hari, itu mungkin karena desain aplikasi Google yang digunakan pada banyak aplikasi intinya. Karena material desain menggunakan banyak latar belakang putih terang, itu bisa menyilaukan untuk melihat di malam hari atau di ruangan gelap.

Cahaya tak hanya dapat melukai mata pengguna telepon, tapi juga bisa mengganggu orang lain di ruangan gelap. Untuk mengatasi hal ini, Google mulai menambahkan fitur mode gelap pada aplikasi yang memberikan perubahan desain material, demikian seperti dilansir laman phonearena, Senin, 29 April 2019.

Mode gelap ini mengubah tampilan aplikasi dari memiliki teks hitam di latar belakang putih, dapat menampilkan teks putih di latar belakang hitam. Sementara banyak yang hanya menggunakan mode gelap di malam hari atau di bioskop, yang lain hanya menyukai tampilan dan tetap mengaktifkan pengaturan pada semua aplikasi yang kompatibel setiap saat.

Dan berkat penggunaan latar belakang hitam, mereka yang menggunakan ponsel dengan layar AMOLED dapat memperpanjang usia baterai mereka. Warna hitam dibuat pada layar AMOLED dengan mematikan sub-piksel RGB di layar. Artinya daya baterai tidak diperlukan untuk membuat panel OLED menampilkan warna hitam.

Sementara layar LCD menggunakan lampu latar dan ketika warna hitam digunakan, piksel berubah menjadi buram yang menghalangi cahaya LED agar tidak terlihat di layar. Dalam hal ini, masih ada gambar pada baterai untuk menyalakan lampu latar.

Menurut Google 9to5, aplikasi Android terbaru yang menerima opsi mode gelap adalah aplikasi Google Kalkulator untuk Android. Ini adalah yang harus dimiliki kalkulator, yang memiliki kotak putih besar menutupi 40 persen layar. Mode gelap dapat ditemukan di versi 7.6 dari aplikasi utilitas, meskipun saat ini hanya versi 7.5 yang tersedia dari Google Play Store.

Setelah versi baru diinstal di ponsel Android, buka dan ketuk menu tiga-titik di sudut kanan atas. Pengguna akan melihat kotak dengan beberapa opsi; klik pada Pilih tema. Pengguna dapat memilih tema cahaya peleburan retina biasa, tema gelap atau di-set untuk menghemat baterai.

Sistem operasi Android Q dan iOS 13 keduanya seharusnya mencakup mode gelap seluruh sistem. Kita harus belajar lebih banyak di Google I/O dan WWDC, yang masing-masing mulai 7 Mei dan 3 Juni 2019.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menginisiasi pertemuan strategis antara Pemkab Sukabumi dengan Google Singapore, Pte Ltd untuk membahas Kerjasama Imagery Collection Agreement atau Pengambilan Citra Satelit sebagai gambar...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya