Tips Teknologi: Yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Diretas

Senin 15 April 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti aplikasi lain yang digunakan, Facebook juga bisa menjadi salah satu target peretasan. Ketika dapat memasuki sistem, peretas biasanya akan mengunci akun yang dibajak tersebut, sehingga membuat penggunanya panik.

Jika Anda menjadi salah satu korban peretasan (hacking), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun Anda seperti semula. Ketika akun Anda telah normal kembali, penting untuk memeriksa pengaturan keamanan akun dan membuat pertahanan lebih baik agar terhindar dari serangan peretas.

Facebook, melalui keterangan, Senin, 15 April 2019, memberikan tips untuk melindungi akun yang diretas. Berikut yang harus Anda lakukan ketika akun diretas dan setelah mendapatkan akun Anda kembali:

1. Laporkan

Jika tiba-tiba Anda tidak dapat mengakses akun, ada kemungkinan peretas telah menghapus akun Anda atau mengubah detail login Anda. Cek https://www.facebook.com/hacked dan laporkan akun yang disusupi tersebut.

Facebook akan membantu Anda untuk mendapatkan akun Anda kembali, dengan mencari akun Anda menggunakan alamat email atau nomor telepon terkait. Jika Anda mengaktifkan Pilih Teman untuk dihubungi saat Anda tidak dapat mengakses pada menu Pengaturan, Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk meminta akses ke akun Anda juga.

Di dalam fungsi ini, Anda dapat memilih tiga hingga lima orang yang Anda percayai, yang nantinya dapat memberikan akses kembali ke akun Anda. Untuk mengaktifkan fungsi ini, pilih Lupa akun? pada halaman login dan cari akun Anda dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon.

Ketika akun ditemukan, masukkan nama salah satu kontak yang Anda percayai, yang akan menerima pemberitahuan, dan muncul sebuah tautan yang hanya bisa diakses oleh penerima. Ketika kontak Anda membuka link tersebut, mereka dapat memberikan Anda kode pemulihan untuk akun Anda.

2. Ganti akses keamanan Anda

Ketika akun Anda telah kembali, penting untuk meningkatkan keamanan akun dengan mengganti kata sandi secara berkala. Atau menggunakan two-factor authentication atau 2FA yang bisa Anda temukan di Pengaturan, lalu pilih Login dan Keamanan.

Facebook juga merekomendasikan Anda untuk menghapus aplikasi yang mencurigakan atau berbahaya, yang memiliki akses terhadap data di akun Facebook Anda. Anda dapat melakukan hal ini di menu Pengaturan, pilih Aplikasi dan Situs Web, dan secara khusus memeriksa daftar aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan, atau tidak Anda kenali dan menghapusnya.

Facebook juga merekomendasikan untuk memberitahukan teman Anda bahwa akun Anda disusupi, dan meminta mereka untuk tidak mengakses atau mengklik tautan dan post yang mencurigakan dari akun tersebut. Anda juga dapat mengatur pemberitahuan tentang login yang tidak dikenali dari menu Pengaturan, Login dan Keamanan di akun Facebook Anda.

Ketika diaktifkan, Facebook akan memberitahu Anda jika ada seseorang yang memasuki akun dengan perangkat atau browser yang tidak biasanya digunakan, dan akan memberikan panduan untuk mengamankan akun Anda. Ketika seseorang dari alamat IP yang berbeda mencoba login dengan nama dan kata sandi yang benar, di waktu yang bersamaan dengan Anda, Facebook dapat mengaktifkan fungsi Social Verification.

Foto dari teman-teman dekat akan muncul dan orang yang melakukan login tersebut harus mengenali dan menjawab nama-nama orang di foto tersebut. Peretas ada dimana-mana dan celah baru akan muncul seiring dengan aktivitas online Anda di aplikasi dan platform seperti Facebook.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).