Launching Program Desa Digital di Sukabumi, Kang Emil Beberkan Target Capaian

Minggu 14 April 2019, 16:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meluncurkan Program Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/4/2019). Program tersebut juga diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara dan Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono.

BACA JUGA: Dulu Desa Sirnarasa Sukabumi Susah Sinyal, Sekarang Ada Internet Gratis

Disela-sela peluncuran, Ridwan Kamil mengatakan, keberadaan Program Desa Digital merupakan visi dari Jawa Barat yang dikerjakan bersama Kemenkominfo melalui Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi atau biasa disingkat BAKTI.

"Ini kan kerja bersama pemerintah pusat melalui BAKTI yang akses untuk digital. Kami di kewilayahan mempunyai 5.500 desa, dan kami punya visi Desa Digital. Dengan kerja sama ini minimal pintu pertama untuk Desa Digital sudah dihadirkan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil, kepada awak media.

BACA JUGA: WhatsApp Instagram dan Facebook Error, Pengguna di Sukabumi Kesal

Lebih lanjut, Emil menyebut, pihaknya telah meminta kepada Menkominfo memperkuat kuantitas supaya ada kombinasi dari APBN dan APBD untuk terlaksananya Program Desa Digital. Pemprov Jawa Barat sendiri menargetkan dalam satu tahun membuat 1.000 Desa Digital.

"Tadi minta kepada Pak Menteri bisa memperkuat dari segi kuantitas, nanti kombinasi dari APBN dan APBD. Targetnya 1.000 desa per tahun itu bisa kita upayakan, kalau dibagi hari berarti tiga desa sehari dipasang. Tahun ini target 600 desa, yang sudah 150 desa. Yang diresmikan ini satu dari 150 desa. Untuk menangkal hal negatifnya, nanti diberikan edukasi kepada kepala desa dan warga," jelasnya.

BACA JUGA: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Tips Tangkal Hoaks Menjelang Pilpres

Emil menilai, Program Desa Digital bisa mengedukasi masyarakat untuk mempromosikan potensi yang mereka miliki ke media sosial untuk dijadikan peluang usaha. Terlebih, ia melihat keunggulan dari program ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa hidup bisa berubah dengan hanya mempromosikan peluang ekonomi

"Seperti di Desa Cibuntu yang ada di Kuningan. Karena promosi desa wisatanya dilihat seluruh dunia, sampai warga rumahnya digunakan menginap oleh pengunjung," papar Emil.

"Selanjutnya bisa belajar dengan bahasa inggris. Bisa juga setiap malam menonton sesuatu yang bermanfaat yang diatur oleh kepala desanya dan seterusnya. Minimal inilah peran pemerintah pusat melalui Kominfo dan Pemerintah Jawa Barat dan Kementrian Desa untuk memaksimalkan cara hidup baru Desa Digital di Jawa Barat," tandasnya.

BACA JUGA: Kalah Jauh, Kecepatan Internet Indonesia Tertinggal di Asia Tenggara

Sementara itu, Menkominfo RI Rudiantara menambahkan, selain di Jawa Barat, pulau lain seperti Nusa Tenggara Timur juga sama telah menerapkan Program Desa Digital. Bahkan hampir seluruh pulau di Indonesia.

"Bahkan hampir semuanya. Sudah lebih dari 40.000 desa. Yang jadi prioritas Program Desa Digital itu merupakan zona merah, agar kesenjangan digitalnya menipis. Jadi jangan hanya orang kota saja, semua masyarakat harus merasakannya manfaat digital," kata Rudiantara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992