Ramai MUI Pertimbangkan PUBG Haram, Ini 6 Game yang Mirip

Selasa 26 Maret 2019, 22:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu game bergenre Battle Royale, PUBG, sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya game besutan developer Tencent Games itu sedang dipertimbangkan haram halalnya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Permainan itu menuai kontroversi, setelah disebut mirip dengan aksi pelaku penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, dua pekan lalu. Namun, bukan hanya PUBG saja yang tipe permainannya dengan saling tembak.

Ada Peluang MUI Pusat Keluarkan Fatwa Haram Main PUBG

Ada beberapa game yang serupa PUBG, berikut game tersebut:

1. Free Fire

Free Fire merupakan game buatan developer Garena yang bergenre Battle Royale dengan grafis paling rendah, sehingga Game tersebut bisa dimainkan di smartphone. Cara bermainnya hampir sama dengan PUBG Mobile, yang berbeda hanya bentuk map dan karakternya, serta jumlah pemain yang berjumlah 50.

Dalam Google Play Store, game tersebut sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Jumlah tersebut cukup banyak, karena Free Fire baru dua tahun dirilis, pada November 2017. Permainan berdurasi 10 menit itu baru saja melakukan pembaruan pada 21 Maret 2019.

2. Rules of Survival

Selain Free Fire, ada game bergenre Battle Royal lain, Rules of Survival. Game yang dibuat oleh developer bernama NetEase Games pasti sudah dikenal oleh para penggemar PUBG yang ingin bermain di smartphone. Sebelum PUBG Mobile dirilis, game ini cukup dikenal sebagai game Battle Royale Android.

Bahkan Rules of Survival beberapa kali dikompetisikan di Jakarta. Sama seperti PUBG, game ini meminta pemainnya bertahan di antara 120-300 pemain. Dalam Google Play Store, game sudah diunduh lebih 10 juta kali, Rules of Survival pertama diluncurkan pada November 2017.

3. Knives Out

Knives Out dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan Rules Of Survival yakni NetEase Games. Seperti game Battle Royale lainnya, Knives Out mengharuskan pemainnya untuk bertahan hidup dari 100 pemain lainnya.

Yang berbeda adalah, di game ini terdapat pesawat nirawak (drone), yang memungkinkan pemain untuk memata-matai musuh. Knives Out sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dalam Google Play Store dan hanya membutuhkan kapasitas memori 29 MB.

4. Creative Destruction

Creative Destruction merupakan game Battle Royale yang cocok untuk penyuka karakter kartun. Game mirip seperti Fortnite, tapi lebih simpel. Jika dalam game PUBG Mobile pemain bisa diam di satu tempat, Creative Destruction tidak mengizinkannya.

Karena, jika diam di satu tempat, akan ada serangan yang berbeda seperti badai salju misalnya. Untuk memainkan game ini, pemain butuh kapasitas memori kira-kira 850 MB. Game ini juga sudah diunduh lebih dari 10 juta kali melalui Google Play Store, dan dirilis sejak Juni 2018.

5. Hopeless Land

Game ini dikembangkan oleh developer bernama HERO Game. Secara konsep, Hopeless Land sama seperti PUBG Mobile dan game battle royale lainnya, yaitu bertahan sampai menyisakan 1 pemain terbaik. Pemain harus bisa bertahan dari 120 pemain lainnya untuk menjadi pemenang. Dalam Google Play Store, game sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

6. Survivor Royale

Selain Rules of Survival dan Knives Out, developer NetEase Games juga mengeluarkan game battle royale Survivor Royale. Yang paling membedakan dari game lain, Survivor Royale dilengkapi dengan mode Global Arena.

Mode ini akan membagi pemain ke dalam grup 50 vs 50. Namun pemenang adalah yang bisa bertahan dari 100 orang lainnya. Game ini baru diunduh lebih dari 5 juta kali dalam Google Play Store.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)
Sehat18 April 2024, 17:30 WIB

Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih.
Ilustrasi - Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).