LINE Indonesia Gelar Kompetisi Chatbot Berhadiah Rp 367 Juta

Rabu 05 September 2018, 08:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - LINE Indonesia kembali menggelar kompetisi chatbot melalui acara LINE Creativate 2018. Kompetisi tersebut mengajak para pengembang lokal yang berkualitas ikut membuat chatbot terbaik untuk membantu kehidupan sehari-hari.

"Tema tahun ini adalah kelanjutan dari tema-tema sebelumnya. Tahun lalu, 'Unjuk Indonesia Kreatif', kami ingin mendorong para pencipta untuk menunjukkan dan mengekspresikan kreativitas mereka. Melalui 'Bangga Indonesia' tema tahun ini, kami berharap bisa memacu generasi muda Indonesia," ujar Managing Director LINE Indonesia Dale Kim, Rabu, 5 September 2018.

Dengan kompetisi chatbot, LINE ingin mendukung dan mengapresiasi kreator muda berbakat menampilkan karyanya dan mendekatkan dengan target pasar yang lebih luas. Proses penyaringan talenta dengan karya chatbot terbaik kembali dilakukan Dicoding.

Hal tersebut merupakan bentuk nyata dari dukungan yang bisa dilihat dari paket hadiah berupa Dicoding Points dan XP di setiap kategori yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kompetisi chatbotsendiri menawarkan total hadiah Rp 367 juta.

"Ini untuk merayakan dan mengapresiasi karya cipta dan pencapaian bakat-bakat Indonesia. Maka itu, kami akan menghadirkan konten yang lebih segar dan beraneka ragam agar meluas ke lebih banyak orang," kata Kim.

Selain itu, chatbot terbaik dari semua kategori akan berangkat sebagai perwakilan Indonesia untuk mengikuti final LINE BOOT Awards 2018 di Tokyo, Jepang, pada 11 November 2018. Kompetisi tersebut menghadirkan lima kategori, yakni kategori hiburan, produktivitas, wawasan, pelajar, dan prototipe.

Untuk kategori hiburan, wawasan, dan produktivitas, akan dipilih 20 chatbot terbaik yang kemudian disaring menjadi tiga besar. Sementara itu, kategori pelajar dan prototipe masing-masing akan dipilih 60 chatbot terbaik sebelum juara pertama, kedua, dan ketiga ditentukan.

"Pada putaran final, setiap tiga besar akan diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi tentang karyanya pada 20 Oktober 2018," ucap Kim. "Selama rangkaian acara, LINE Indonesia juga mengadakan lokakarya di tiga kota besar di Indonesia bekerja sama dengan Dicoding."

Lokakarya tersebut, kata Kim, bertujuan memberikan workshop singkat kepada para pengembang lokal mengenai LINE Chatbot. Lokakarya pertama diadakan di Bandung pada akhir Agustus lalu, sedangkan kedua di Yogyakarta pada awal September kemarin. Terakhir akan diadakan di Surabaya pada 8 September.

Kelanjutan dari kompetisi chatbot ini, LINE juga akan mendukung para top chatbot dengan memberikan promosi di sejumlah platform milik LINE Indonesia. Contohnya, pada LINE Ramadan kemarin, LINE Indonesia menampilkan dan mengenalkan chatbot terbaik pemenang LINE Creativate tahun lalu ke top users.

"Selain itu, tim Product and Engineering (P&E) dari LINE Indonesia akan membantu para pemenang untuk membimbing secara gratis dan berkelanjutan dalam pengembangan produk chatbotmiliknya," kata Kim.

Pendaftaran kompetisi chatbot ini sudah dibuka dan akan ditutup pada 7 Oktober. Bagi mereka yang tertarik berlomba dan menerima tantangan ini, bisa mengunjungi http://dicoding.id/line. Sebagai tambahan, bagi yang belum pernah membuat chatbotLINE pun sudah membuka kelas online di http://bit.ly/line-chatbot-academy untuk mengetahui lebih jauh tentang pembuatan chatbot dari awal.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)