Tips Teknologi: Memeriksa Keamanan Situs Web

Kamis 16 Agustus 2018, 03:36 WIB

 

SUKABUMIUPDATE.com - Tips teknologi kali ini akan membahas memeriksa keamanan sebuah situs web. Belakangan ini, Internet menjadi ranjau bagi para penggunanya. Penipuan online sedang marak-maraknya terjadi dan malware juga banyak menyusup di berbagai web.

E-mail phising menjadi salah satu jalan masuknya. Iklan di sebuah situs web juga kerap digunakan untuk memasukkan malware yang fungsinya mencuri data. Tentu pengguna harus menghindari situs jahat dengan memahami cara memverifikasi keamanan situs web.

Untuk itu pengguna harus memastikan penjelajahan online. Berikut tips untuk memeriksa keamanan web menurut Nancy Nunziati, Vice President Marketing Avast--perusahaan keamanan teknologi global--seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Selasa, 14 Agustus 2018:

1. Pemeriksaan visual keamanan situs web
Pertama periksa kembali keaslian URL, caranya tidak sulit. Sebelum Anda mengklik link apa pun, arahkan kursor ke atasnya dan lihat di sudut kiri bawah layar anda tempat URL ditampilkan. Trik pertama dari phishing adalah terlihat seotentik mungkin.

Pada pandangan pertama, URL mungkin terlihat seperti alamat URL asli, tapi pemeriksaan lebih dekat dapat terlihat angka 1 bukannya l, atau .net, bukan .com. Latih diri Anda untuk memeriksa setiap URL sebelum Anda mengklik atau sebelum Anda memasukkan informasi pribadi seperti nama pengguna dan kata sandi.

Kedua adalah periksa "https". Huruf-huruf yang Anda lihat di awal setiap URL merupakan Hypertext Transfer Protocol (http). Hal itu merupakan dasar untuk bagaimana data dikomunikasikan di web. Meskipun sangat bermanfaat, hal ini juga mudah diretas. Penambahan "S" seperti dalam "https" (dan ikon kunci), bagaimanapun, memberitahu bahwa situs tersebut aman. Situs web dengan ikon gembok pada bagian alamat dan awalan https akan dienkripsi dan memiliki sertifikat SSL tepercaya.

Pada dasarnya hal itu menjamin sambungan aman antara situs web dan browser. Jika Anda tidak dapat memverifikasi bahwa situs web atau tautan aman dengan https, waspadalah dan jangan masukkan informasi pribadi apa pun. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa penjahat dunia maya melakukan segala cara untuk tampil sebagai orang yang sah atau memiliki otorisasi.

2. Alat keamanan situs web
Pertama gunakan alat browser bawaan, yang harus dikenali adalah langkah-langkah keamanan yang sudah ada di browser. Lihatlah pengaturan privasi dan keamanan, mungkin Anda akan menemukan pengaturan default yang lebih longgar dari yang diinginkan. Atur secara manual pengaturan dengan cara yang membuat Anda nyaman. Blokir popups, cegah unduhan otomatis, jangan izinkan pelacakan. Pilihan akan bervariasi tergantung pada browser pilihan Anda.

Kedua jalankan pemeriksaan keamanan situs web online. Ada beberapa pilihan, tapi VirusTotal direkomendasikan untuk posisi yang tidak lazim. Tools online ini menggunakan scanner antivirus dan solusi keamanan untuk memeriksa situs web dari ancaman. Cukup masukkan URL yang ingin Anda pindai ke dalam bar pencarian di situs, kemudian dapatkan hasil yang instan. Setelah itu URL, dan VirusTotal akan memberi tahu Anda jika situs tersebut mencurigakan.

Ketiga pasang alat keamanan web untuk keamanan situs web secara total, lindungi dengan rangkaian keamanan siber yang canggih, seperti Avast Free Antivirus. Anda juga dapat menambahkan manfaat privasi ke keamanan situs web jika menggunakan jaringan pribadi virtual seperti Avast SecureLine VPN. Untuk browser, Anda bisa menggunakan Avast Secure Browser yang browser pribadi yang cepat dan aman yang akan melindungi secara online. Browser tersebut tersedia secara gratis.

3. Pindai cepat keamanan situs web
Pertama Anda perlu memeriksa detail kontak untuk situs web. Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas namun masih tidak yakin, Anda harus berbaris ke pintu depan dan ketuk. Artinya, temukan info "Hubungi Kami" di situs Tim Avast, mereka akan memberikan petunjuk apakah operasi tersebut sah atau tidak.

Kedua periksa apakah antivirus memiliki Sertifikat Anti-Phishing, karena tidak semua memiliki sertifikat. Cari lab pihak ketiga yang menguji anti-phishing, seperti AV-Comparatives. Mereka akan menguji produk antivirus terhadap URL phishing (yang berusaha mendapatkan informasi pribadi Anda) dan memeriksa positif palsu ketika datang ke situs web perbankan yang sah. Untuk memastikan produk keamanan mengetahui perbedaannya.

Avast Free Antivirus dapat mengatasinya dan merupakan satu-satunya perangkat lunak gratis yang telah mendapatkan Sertifikat Anti-Phishing. Ketiga periksa untuk melihat apakah URL memiliki kebijakan privasi. Jika situs web tidak memiliki kebijakan privasi, akan tertera bendera merah, untuk mempertanyakan apakah perusahaan atau situs tersebut sah atau tidak.

Keempat carilah pemilik domain situs web dengan menggunakan WHOIS. Anda dapat meneliti siapa yang memiliki domain tertentu dengan memeriksa catatan publik yang tersedia melalui pencarian WHOIS.

Pelajari segala sesuatu tentang domain, termasuk siapa yang mendaftar dan kapan waktu mereka mendaftar Internet. Tidak ada merek yang aman dari pemalsuan, dan tidak ada pengguna yang aman untuk ditargetkan.

Sumber: Tempo

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Science17 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 17 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Potensi Diguyur Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 17 April 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 17 April 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)