Kenapa HP Lemot? Ini 5 Penyebab Performa Handphone Menurun

Senin 10 Agustus 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mengenali penyebab kenapa HP lemot dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dilansir dari Suara.com, jangan sampai Anda mengambil tindakan yang tidak sesuai dengan penyebab HP lemot. Tindakan itu bisa saja malah memberikan masalah baru bagi HP Anda atau bahkan bagi kantong Anda.

Handphone (HP) merupakan teknologi yang menawarkan segala kemudahan bagi para penggunanya.Namun pada beberapa kasus, HP justru dapat menyulitkan pengguna karena performanya yang semakin memburuk. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Berikut 5 penyebab kenapa HP lemot yang perlu diketahui:

Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan

Terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus dapat menyebabkan HP Anda menjadi lemot. Kebiasaan ini membuat HP harus bekerja lebih keras sehingga tidak heran jika performanya akan menurun. Untuk mengatasi hal ini, tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan.

Memori dan RAM hampir penuh

Penyebab HP lemot juga dapat disebabkan oleh memori internal dan RAM yang hampir penuh. RAM yang penuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya malware yang terbawa saat Anda meng-install aplikasi. Bahkan dalam beberapa kasus, malware tidak akan ikut terhapus saat Anda menghapus aplikasinya. Pada beberapa HP, terdapat aplikasi pembersih yang bisa Anda gunakan untuk menghapus sisa-sisa malware ini. Lakukan secara berkala untuk mengoptimalisasikan performa HP Anda.

Tidak memiliki memori eksternal

HP lemot juga dapat disebabkan karena di HP tersebut tidak terdapat memori eksternal. Hal ini menyebabkan setiap penyimpanan akan ditujukan ke satu tempat saja yakni memori internal. Jika Anda membagi tempat penyimpanan HP Anda di dua memori yang berbeda, performa HP lemot niscaya dapat teratasi.

Data Cache yang Menumpuk

Data cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan. Jika dibiarkan menumpuk, data ini akan semakin membuat HP lemot. Bersihkan data cache secara berkala karena data ini akan selalu bertambah seiring penggunaan aplikasi di HP Anda. Bagi pengguna Android, Anda dapat membersihkan data cache ini di menu Settings.

Menggunakan Wallpaper Animasi dan Widget secara Berlebihan

Menggunakan wallpaper dan widget yang canggih memang dapat membuat tampilan HP menjadi lebih menarik. Namun, penggunaannya membutuhkan CPU, grafik, dan tentunya memori HP Anda. Jika ingin meningkatkan performa HP Anda, sederhanakan tampilan layarnya. Cara ini juga bahkan dapat memperpanjang masa pakai daya HP Anda.

Itu dia alasan kenapa HP lemot. Sedikit tips untuk menjaga performa HP Anda ke depannya, isilah daya HP Anda secara cukup dan tidak berlebihan. Segera cabut charger apabila daya HP Anda telah terisi penuh. Semoga bermanfaat!

sumber: suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)
Sukabumi26 April 2024, 18:55 WIB

3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Sukaraja Sukabumi, 5 Orang Luka-luka

Berikut kronologi tabrakan beruntun yang melibatkan minibus Daihatsu Sigra dan dua angkot di Sukaraja Sukabumi.
Tabrakan beruntun di Sukaraja Sukabumi ini melibatkan dua angkot dan satu minibus. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)