Menu

12 Jul 2020, 19:00 WIB

Waspada! 11 Kode Aplikasi Ini Pembawa Malware Joker

Ilustrasi malware. | Sumber Foto: [Shutterstock]

SUKABUMIUPDATE.com - Para peneliti keamanan dari Check Point Research berhasil menemukan 11 kode aplikasi membawa malware Joker.

Menguti Suara.com, malware ini diketahui sangat merugikan pengguna Android karena Joker bisa membuat perangkat berlangganan aplikasi premium tanpa sepengetahuan sang pemilik.

"Malware ini terus berupaya menemukan jalannya ke toko aplikasi resmi Google karena kodenya terus berubah. Dengan begitu, malware ini mampu melewati keamanan Play Store dan pemeriksaan keamanan," terang peneliti keamanan Check Point Researh, Aviran Hazum, seperti dikutip dari laman resminya, Minggu (12/7/2020).

Secara teknis, Hazum menuturkan bahwa cara kerja malware Joker sebenarnya termasuk klasik. Sebelum menginfeksi perangkat, Joker meggunakan dua komponen utama.

Pertama, harus ada Notification Listener yang merupakan bagian dari aplikasi sebenarnya. Kedua, dex file yang diunduh dari server C&C yang menyebabkan perangkat untuk berlangganan aplikasi premium.

Namun, para peretas melakukan kamuflase dex file dengan menyembunyikannya di dalam aplikasi. Inilah hal yang jarang diperhatikan pengguna.

Kendati begitu, Hazum membeberkan bahwa aplikasi yang sudah terinfeksi malware Joker biasanya memiliki kode apk tersendiri.

Saat ini, pihaknya sudah mendeteksi 11 kode aplikasi yang positif disusupi malware Joker, sebagaimana dikutip dari The Hacker News.

1. com.imagecompress.android

2. com.contact.withme.texts

3. com.hmvoice.friendsms

4. com.relax.relaxation.androidsms

5. com.cheery.message.sendsms

6. com.cheery.message.sendsms

7. com.peason.lovinglovemessage

8. com.file.recovefiles

9. com.LPlocker.lockapps

10. com.remidme.alram

11. com.training.memorygame

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada 12 kabupaten kota yang memiliki kasus aktif Covid-19 lebih dari 1.000 kasus. "Sebanyak 12 kabupaten kota ini sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah mobil pick up bermuatan tabung gas elpiji meledak dan terbakar di SPBU Warungkondang, Jalan Raya Sukabumi, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/10/2020) petang. Kebakaran diduga...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama diminta oleh petani untuk segera menangani kelangkaan pupuk bersubsidi. Hal itu disampaikan oleh petani pada saat Reses yang dilakukan di...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kolaborasi yang solid antara berbagai elemen masyarakat santri dan pesantren penting untuk mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat di tengah pandemi yang beri dampak...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya