Menu

16 Apr 2020, 20:00 WIB

Aturan IMEI Segera Berlaku, Bagaimana Nasib Laptop?

Ilustrasi kode IMEI sebuah ponsel. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah segera mengimplementasikan aturan validasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada 18 April mendatang.

Dilansir dari suara.com, melalui regulasi ini, pemerintah berharap bisa memangkas peredaran ponsel ilegal dan beberapa produk elektronik lainnya karena dinilai merugikan negara. Namun, apakah aturan IMEI ini juga berlaku bagi perangkat laptop?

Kasubdit Kualitas Pelayanan dan Harmonisasi Standar Kementerian Komunikasi dan Informatika Nur Akbar Said, menjelaskan beberapa pengecualian tentang aturan tersebut.

Menurutnya, ponsel yang beredar saat ini dan sudah dalam keadaan aktif, tidak termasuk dalam pemblokiran layanan telekomunikasi. Artinya, ponsel BM sekalipun yang sudah aktif sebelum 18 April 2020 masih bisa dipakai secara normal.

"Ponsel existing tetap mendapatkan layanan seluler. Kita mengharapkan tidak ada kegaduhan untuk perangkat yang sudah aktif saat ini," terang Akbar dalam acara seminar online yang diinisiasi Indonesia Technology Forum, Rabu (15/4/2020).

Lebih jauh lagi, aturan IMEI tersebut ditujukan untuk perangkat Handphone, Komputer genggam, dan Tablet (HKT) yang ilegal. Sedangkan laptop dipastikan tidak terikat aturan tersebut.

"Pengecualian bahwa regulasi hanya berlaku hanya untuk handphone, komputer genggam, tabel, jadi tidak berlaku untuk yang lainnya, seperti laptop atau perangkat IoT (Internet of Things)," lanjut Akbar.

Selain itu, menurut Akbar, turis yang datang ke Indonesia dan mengaktifkan layanan roaming mereka, maka ponsel yang dibawanya tidak akan diblokir oleh pemerintah.

 

Sumber : suara.com

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pembaruan Mei 2020 dikatakan menyebabkan masalah dengan Windows Defender, komponen anti-malware dari Microsoft Windows. Melansir Suara.com, bug ini menyebabkannya menandai aplikasi yang berpotensi cerdik yang telah dihapus. Windows 10...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua orang wisatawan terseret ombak di Pantai Kapitol, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Minggu (5/7/2020). Satu orang berhasil selamat, sementara satu orang lagi hilang digulung ombak. Informasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan Feby Ayu Arianti? Ya, dia adalah perempuan belia berparas cantik penjaga warung asal Kampung Bojongjengkol RT 15/04 Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi...

SUKABUMIUPDATE.com - Terkadang karena kecerobohan, kamu sering kehilangan HP. Kalau sudah begini, dengan menggunakan email, berikut cara lacak HP yang hilang dengan mudah dan cepat. Melansir Suara.com, dari Kehilangan HP...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya