Menu

05 Mar 2020, 10:00 WIB

Hore! Mode Gelap WhatsApp Meluncur dan Begini Cara Mengaktifkannya

Ilustrasi mode gelap WhatsApp. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Akhirnya! Setelah lebih dari setahun menjadi topik hangat, secara resmi WhatsApp meluncurkan mode gelap (dark mode) untuk iOS dan Android sekaligus. Dilansir dari suara.com, bagi mereka yang menggunakan perangkat menjalankan iOS 13 dan Android 10, Anda bisa mengaktifkan mode gelap di seluruh sistem.

Dengan kehadiran mode gelap ini, Anda tidak perlu khawatir membaca pesan pada malam hari. Menurut pengembang WhatsApp, ia telah merancang mode gelap yang telah lama ditunggu-tunggu untuk "mengurangi ketegangan mata di lingkungan cahaya rendah" dan menghilangkan "saat-saat canggung di mana ponsel Anda menerangi ruangan."

Dalam posting blog yang mengumumkan fitur anyar ini, meskipun telah diluncurkan ke aplikasi milik Facebook lainnya termasuk Instagram dan Messenger, WhatsApp masuk ke detail tambahan tentang mengapa ia memilih warna tertentu yang digunakan dalam rilis final.

Rupanya, ada detail tambahan tentang proses pengembangan mengisyaratkan mengapa WhatsApp membutuhkan waktu lama untuk mendukung fitur tersebut.

"Ketika merancang mode gelap, kami menghabiskan waktu meneliti dan bereksperimen dengan fokus pada dua bidang tertentu, meliputi Keterbacaan - ketika memilih warna, kami ingin meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih dekat dengan sistem default pada iPhone dan Android. Hierarki Informasi, kami ingin membantu pengguna dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar. Kami melakukan ini dengan menggunakan warna dan elemen desain lainnya untuk memastikan informasi yang paling penting menonjol," beber pencipta aplikasi, sebagaimana dilansir laman Express.co.uk, Rabu (4/3/2020).

Mode gelap seharusnya tersedia di aplikasi obrolan Anda sekarang. Bagi mereka yang menggunakan perangkat Android atau iOS yang menggunakan layar OLED, mengaktifkan tampilan baru akan menghasilkan peningkatan masa pakai baterai yang signifikan. Ini karena cara panel OLED bekerja, yang tidak memerlukan daya apa pun untuk menampilkan nuansa hitam pekat.

Itu berarti mereka yang memiliki iPhone X, iPhone XS, XS Max, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max akan melihat peningkatan baterai yang signifikan.

Sementara itu, ada lebih banyak pilihan untuk penggemar Android, meliputi Samsung, Google, Huawei dan OnePlus semuanya yang menggunakan panel OLED. Perangkat yang lebih terjangkau tidak akan.

Sayang, buat perangkat yang masuk kelas entry level belum bisa mendukung fitur anyar WhatsApp ini.

Yang penting, mode gelap WhatsApp hanya akan berfungsi pada iPhone yang menjalankan iOS 13 atau lebih baru. Dengan kata lain, Anda harus menjalankan ‌iPhone‌ 6S atau yang lebih baru untuk dapat menggunakannya.

Perangkat Android yang menjalankan Android 10 akan melihat WhatsApp mode gelap ketika mereka mengaktifkan mode gelap seluruh sistem dari drop-down pengaturan cepat.

Tidak seperti iOS, versi Android sebelumnya masih kompatibel dengan mode gelap, tetapi harus diaktifkan secara manual di dalam WhatsApp.

Itu berarti Anda tidak akan dapat secara otomatis berubah ke mode gelap berdasarkan waktu hari atau fitur pintar lainnya yang ditemukan dalam pengaturan Android 10.

Pengguna di Android 9 harus menuju ke WhatsApp dan kemudian ketuk Pengaturan> Obrolan> Tema> pilih Gelap untuk mengaktifkan mode.

Mode gelap WhatsApp tersedia sekarang, selamat mencoba dan nikmati kenyamanan membaca pesan dengan fitur baru ini.

 

Sumber : suara.com

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas dialami kendaraan wisatawan di Jalan Raya Palabuhanratu KM 29, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/7/2020). Sebuah sedan Honda City dengan polisi B 1295...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua orang pasien Covid-19 di Kota Sukabumi dinyatakan sembuh. Mereka yang sembuh merupakan seorang laki-laki asal Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh dan seorang lagi perempuan asal Kelurahan Cipanengah,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan penambahan pasien Covid-19 baru pada hari ini, Sabtu, 4 Juli 2020, sebanyak 1.447 orang. “Sehingga total menjadi 62.142 kasus,”...

SUKABUMIUPDATE.com - Bukit Pamancar yang berada di kawasan tanah perkebunan PT Djaya Sindu Agung ini berjarak sekitar 32 kilometer dari Kota Sukabumi. "Perbukitan tersebut dinamakan Bukit Pamancar, karena dulunya ada...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya