Cara Menonaktifkan Izin Lokasi di Aplikasi Android

Sabtu 11 Januari 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap kali ingin menginstal aplikasi, kita akan disuguhkan daftar izin yang diperlukan seperti akses ke kontak, pesan, dan bahkan lokasi. Sebagian besar orang mungkin tidak membacanya dengan teliti, namun memberikan izin aplikasi untuk melacak lokasi kita dapat membahayakan privasi.

Ada dua opsi untuk menghentikan aplikasi Android dari mengakses lokasi pengguna, yaitu menggunakan pengaturan bawaan Android atau menggunakan aplikasi dengan kontrol izin khusus.

Dilansir dari Android Pit, berikut cara menonaktifkan izin lokasi di aplikasi Android:

1. Android 10

Pada Android 10, jika pengguna ingin membatasi izin lokasi dari semua aplikasi, buka Pengaturan > gulir ke bawah hingga menemukan opsi Lokasi. Dari menu tersebut, pengguna dapat melihat aplikasi mana saja yang meminta lokasi pengguna. Pengguna juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan sakelar untuk mematikan izin lokasi untuk semua aplikasi sekaligus.

Tapi jika hanya beberapa aplikasi, pengguna dapat mengakses Pengaturan > Lokasi > pilih Izin Aplikasi > lalu pilih aplikasi mana saja yang dapat mengakses lokasi pengguna sepanjang waktu atau aplikasi mana saja yang dapat menggunakan data lokasi hanya ketika aplikasi sedang digunakan.

2. Android 9 Pie

Dalam Android Pie, untuk menghentikan semua aplikasi mengakses data lokasi pengguna cukup buka Pengaturan > Biometrik dan Keamanan > Lokasi. Dari sana, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan izin aplikasi dan melihat aplikasi apa saja yang meminta lokasi terkini.

Sementara untuk mengatur izin lokasi pada beberapa aplikasi tertentu, buka Pengaturan > Biometrik dan Keamanan > Izin Aplikasi. Pengguna akan melihat beberapa daftar aplikasi yang meminta izin lokasi, kamera, kontak, dan lainnya. Pilih izin apa saja yang diinginkan dan pengguna akan mendapatkan semua daftar aplikasi yang meminta izin.

3. Android Marshmallow ke Oreo

Untuk sistem operasi Android 6 (Marshmallow) atau versi yang lebih tinggi seperti Oreo, pengguna bisa mengaksesnya melalui Pengaturan > Lokasi. Di atas menu Lokasi terdapat toggle untuk mengaktifkan atau menonaktifkan izin lokasi untuk semua aplikasi.

Untuk aplikasi individual, buka Pengaturan > Aplikasi > Konfigurasikan aplikasi atau Pengaturan aplikasi > Izin aplikasi. Kemudian pengguna akan melihat daftar untuk semua izin aplikasi, seperti lokasi, mikrofon, kamera, hingga kontak. Di menu ini pengguna dapat memilih aplikasi mana saja yang memiliki akses ke izin tersebut.

4. Android 4.3 hingga 5.1

Jika smartphone menggunakan sistem operasi Android 4.3 hingga 5.1, pengguna dapat mengubah pengaturan lokasi untuk semua aplikasi melalui Pengaturan > Lainnya > izin dan ketuk toggle untuk mengaktifkan atau menonaktifkan lokasi.

Pengguna juga dapat mengubah metode pelaporan lokasi yang digunakan. Ketuk Lokasi > Mode. Dari menu ini pengguna dapat memilih antara tiga mode berbeda sesuai dengan preferensi.

Sedangkan untuk mengatur izin lokasi untuk aplikasi individual, pengguna dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti GOTCHYA: Privacy Management. Setelah mengunduh dan menginstalnya, buka aplikasi tersebut dan ketuk ikon aplikasi. Dari sana, pengguna akan melihat daftar aplikasi mana saja yang saat ini memiliki izin lokasi. Untuk menghentikan izin aplikasi, buka Pengaturan dan pilih opsi Matikan.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari