Menu

06 Okt 2019, 20:43 WIB

Awas! Ada Gif Berbahaya di WhatsApp

WhatsApp | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Menunjukkan emosi melalui chat WhatsApp kini semakin menarik dengan kehadiran Gif. Namun, bagaimana jika ternyata gif yang Anda kirim ternyata berbahaya?

Yup, seorang peneliti keamanan telah menemukan bug jahat yang memungkinkan peretas menyerang. "Exploit", tersembunyi di dalam gif.

Setelah korban mengunduh gif yang dikirimkan, gambar itu akan mengintai di ponsel mereka sampai mereka memutuskan untuk mengirimkannya. Ketika mereka membuka galeri WhatsApp dan mencoba mengirimkannya ke seseorang, muatan tersembunyi akan muncul.

Seorang korban bahkan tidak perlu membuka file untuk menjadi korbannya. Bersembunyi di dalam gif adalah kode yang memungkinkan peretas membaca pesan pribadi.

Kode ini juga memungkinkan serangan dengan kode jarak jauh, yang berarti seorang peretas dapat mengakses sistem ponsel Anda. Setelah mereka masuk ke telepon, penjahat tersebut akan mencari informasi sensitif, menginstal perangkat lunak berbahaya atau bahkan membajak perangkat dengan diam-diam untuk menginfeksi target lain.

Untungnya, bug itu ditemukan oleh 'teknolog dan pencinta keamanan' menggunakan nama samaran Awakened, yang memostingnya ke Github.

Mereka juga memberi tahu WhatsApp, dan kemudian langsung memperbaiki bug dalam update perangkat lunak, dan memberikan pemberitahuan.

"Pengguna WhatsApp, silakan lakukan pembaruan ke versi WhatsApp terbaru (2.19.244 atau lebih tinggi) agar tetap aman dari bug ini," tulis WhatsApp dilansir dari laman Metro.

Aspek paling menakutkan dari "Exploit" adalah bahwa tanpa harus membuka gambar, pemilik ponsel sudah terserang.

"Perhatikan bahwa pengguna tidak perlu mengirim apa pun karena hanya membuka Galeri WhatsApp akan memicu bug. Tidak perlu sentuhan tambahan setelah menekan WhatsApp Gallery," kata Awakened.

Sementara itu, kabar gembira buat Anda pemilik iPhone. Gif berbahaya ini hanya akan memengaruhi perangkat Android, sehingga pemilik iPhone Apple aman dari itu.

SUMBER: SUARA.COM

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Intelligence quotient atau IQ sering jadi ukuran kecerdasan seseorang. Semakin tinggi IQ yang dimiliki, semakin cerdas pula orang tersebut. Mengutip Tempo.co, ternyata IQ tinggi bukanlah satu-satunya tanda orang...

Oleh: Farid Gaban  Hari ini (12 Juli) kita memperingati dan merayakan Hari Koperasi ke-73. Tapi, apa sebenarnya yang bisa dirayakan dari koperasi di Indonesia? Dengan sedih harus saya katakan, tidak...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil pemeriksaan medis terhadap jenazah Dayat Sudrajat (63 tahun) tak memperlihatkan ada tanda-tanda kekerasan. Diberitakan sebelumnya, Dayat ditemukan tewas di rumah kosong di Kampung Selakopi RT 04/04 Desa...

SUKABUMIUPDATE.com - Para peneliti keamanan dari Check Point Research berhasil menemukan 11 kode aplikasi membawa malware Joker. Menguti Suara.com, malware ini diketahui sangat merugikan pengguna Android karena Joker bisa membuat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya