Ketergantungan Media Sosial Jadi Toxic, Ini 6 Cara Detoks Paling Ampuh

Jumat 06 September 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketergantungan Media Sosial Jadi Toxic, Ini 6 Cara Detoks Paling Ampuh.

Bukan hanya waktu senggang, rasanya hampir setiap dari kita punya satu akun sosial media, bahkan mungkin lebih dari satu dan dipantau hampir setiap waktu. Tidak sedikit yang menyempatkan main handphone saat makan, kerja bahkan saat sedang dengan pasangan, orang tua hinga teman.

Anda termasuk orang yang tidak bisa absen scrolling linimasa sosmed setiap waktu? Hati-hati. Meski tujuan awalnya memang untuk update info terbaru, melihat deretan postingan di layar ponsel Anda lama-lama bisa menggerogoti batin. Nah, ini mungkin saatnya buat Anda memulai detoks sosmed.

Berbagai penelitian telah melaporkan bahwa penggunaan sosmed dalam jangka panjang dapat mengubah pola pikir dan merugikan mental.

Ya! Di balik semua keindahan foto dan keseruan cerita orang di dunia maya, penggunaan media sosial dalam jangka panjang dapat berdampak negatif bagi kesehatan mental.

Diantaranya adalah peningkatan risiko depresi, insomnia, citra diri (body image) yang buruk, penurunan kepercayaan diri, gangguan kecemasan dan gangguan makan, hingga perilaku menyakiti diri sendiri (self-harm).

Semua risiko ini diduga kuat muncul sebagai wujud nyata dari kecenderungan alam bawah sadar kita yang jadi suka membandingkan diri dengan kehidupan orang lain sehingga tidak menikmati hidup. Teori ini pernah dijelaskan dalam studi berjudul Online Social Networking and Mental Health yang dimuat dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

Berikut tips detoks sosmed yang bisa Anda coba untuk mulai mengurangi “candu dunia maya” dilansir Hello Sehat:

1. Jauhkan handphone dari jangkauan

Memulai detoks sosmed memang tidak semudah membalik telapak tangan. Apalagi jika Anda memiliki banyak waktu luang.

Namun begitu ada kesempatan, segera jauhkan ponsel atau gawai elektronik lainnya dari jangkauan Anda. Terutama jika Anda sedang tidak punya banyak aktivitas. Segeralah “isi” tangan kosong Anda dengan kegiatan lain agar tidak melulu kepikiran meraih handphone.

Jauhkan juga ponsel dari jangkauan tangan Anda dan ubah ke mode sunyi atau getar ketika sedang bekerja. Ini memudahkan Anda lebih fokus menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

Begitu pun saat sedang berkumpul bersama keluarga atau kerabat dekat. Jika memungkinkan, ajak mereka juga untuk berkomitmen meletakkan hape jauh dari jangkauan agar lebih fokus bersosialisasi dan menghabiskan waktu berharga bersama-sama.

2. Buat alarm untuk batasi waktu akses sosmed

Cara paling efisien untuk detoks sosmed adalah dengan membatasi waktu mengaksesnya. Batasan wajar menggunakan media sosial menurut psikolog adalah 30 menit hingga satu jam per hari.

Anda bisa membagi total 1 jam tersebut dalam beberapa “sesi” untuk seharian. Misalnya, 15 menit di pagi hari, 15 menit saat makan siang, 15 menit saat perjalanan pulang di angkutan umum, dan 15 menit saat makan malam.

Agar tidak kebablasan,ingatkan diri sendiri untuk logout dari akun-akun sosmed Anda dengan pasang alarm. Ada banyak juga aplikasi yang bisa membantu mengingatkan Anda ketika sudah mencapai batas waktu yang ditetapkan.

Sebaiknya hindari mengakses media sosial saat menjelang tidur, karena bisa mengganggu kuantitas dan kualitas tidur.

3. Matikan notifikasi media sosial

Matikan notifikasi semua media sosial Anda agar tidak sebentar-sebentar tergoda cek hape untuk melihat update terbaru. Kecuali memang akun tersebut digunakan untuk kebutuhan bekerja.

Bila perlu, atur aplikasi apa saja yang dipasang di tampilan depan handphone. Usahakan pasang yang hanya diperlukan saja.

4. Buat area “Bebas Handphone”

Meski terdengar konyol, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Anda bisa tentukan sendiri area mana saja di rumah yang tidak diperbolehkan membawa apalagi bermain gawai. Misalnya, di ruang TV atau ruang makan agar fokus berkumpul bersama keluarga.

5. Buat jadwal “Hari Tanpa Media Sosial”

Tentukan satu hari dalam seminggu untuk momen “sehari tanpa media sosial”. Misalnya hari Minggu, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama teman atau keluarga, juga melakukan hobi yang disukai.

6. Hapus aplikasi media sosial

Salah satu cara ekstrem yang bisa dilakukan untuk detoks sosmed adalah dengan menghapus aplikasinya. Cara terakhir ini mau tidak mau menjadi solusi terakhir jika Anda masih saja “bandel” membuka media sosial setelah melakukan berbagai tips di atas.

Tidak perlu semuanya dihapus. Pilih satu atau dua aplikasi sosmed yang paling bikin “nagih” dan membuat Anda menghabiskan banyak waktu di sana.

Kalau belum siap total, Anda bisa menghapusnya selama beberapa hari sekali untuk merasakan manfaatnya. Unduh ulang jika ingin memakainya, dan hapus lagi beberapa hari setelahnya.

Perpanjang waktu “hiatus”nya dari waktu ke waktu jika sudah mulai terbiasa, dan terakhir hapuslah total aplikasi tersebut.

Mungkin awalnya berat, tapi baik untuk dibiasakan agar Anda bisa terbebas dari ketergantunggan media sosial dan sibuk sendiri dengan handphone setiap saat. 

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)