Fitur Baru Android Q yang Harus Anda Ketahui

Kamis 11 Juli 2019, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sistem operasi Android Q segera resmi dirilis pada bulan Agustus mendatang. Meski belum sempurna, versi beta 4 dapat dinikmati secara gratis dan dilengkapi dengan mode gelap serta bug fixes.

Dilansir dari Tech Radar, 9 juli 2019, versi beta 4 telah mencapai tahap akhir Android Q API dan SDK resmi pada Juni lalu setelah melakukan serangkaian perbaikan. Sedangkan versi beta 5 dan 6 akan dirilis sebelum peluncuran resmi.

Lantas apa saja fitur baru yang diprediksi akan hadir pada sistem operasi Android Q?

Android Beam Tidak Tersedia di Android Q

Biasanya pengguna Android dapat melakukan metode peer-to-peer sharing¬ dengan membalikkan kedua sisi gadget, namun fitur Near Field Communication (NFC) itu tidak dapat digunakan pada sistem operasi Android Q.

Menutup Celah Privasi Pengguna

Menurut data International Computer Science Institute, beberapa aplikasi di Google Play Store telah mencuri data personal pengguna.

Meski telah menolak izin pemberian data, pembuat aplikasi dapat melacak data alamat MAC dari router yang terhubung ke telepon seluler.

Menanggapi permasalahan ini Google akan memperbaiki sistem Android Q sebelum rilis pada Agustus nanti.

Dapat Digunakan Pada Ponsel Lipat

Pada tahun 2019, Android Q dipersiapkan untuk ponsel lipat. Kehadirannya akan menjadi pelopor inovasi ponsel lipat di masa depan.

Sedangkan untuk para pengembang, Android Q beta 2 telah dilengkapi dengan fitur ponsel lipat pada Android Studio 3.5.

Peningkatan Multitasking

Ini akan mempermudah alur komunikasi ketika pengguna tengah melakukan pekerjaan lain. Sejauh ini telah diterapkan di Messages dan Hangouts. Namun, Google akan mengurangi waktu pengembangan metode baru ini.

Mode Gelap dalam Android Q akan disebut dengan Dark Theme. Mode ini dapat digunakan dalam dalam dua cara yang berbeda dan tetap berada pada bagian notifikasi layar.

Pertama, pengaturan tombol cepat Dark Theme yang beralih diantara standar Light Theme dan Dark Theme baru. Kedua, untuk menyalakan mode penghemat baterai yang secara otomatis akan menyala pada Dark Theme.

Fitur Privasi Baru

Pengguna akan memiliki kontrol lebih luas terhadap akses aplikasi, sehingga info lokasi, file sharing, foto dan video dapat dilindungi dari para peretas.

Android Q beta 3 juga memperkenalkan fitur baru bernama Scoped Storage, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol akses penyimpanan eksternal (MicroSD).

Hal ini juga berfungsi untuk melindungi pengguna dari pencurian data MAC yang tehubung pada WiFi. Perubahan privasi baru menjadi tantangan sulit bagi pengembang Android Q.

Project Mainline

Semua perangkat yang menggunakan Android Q akan mendapatkan Project Mainline. Upaya baru ini dapat mempermudah pengguna dalam memperbarui bagian penting Android (modules) tanpa perangkat lunak lengkap.

Pembaruan ini dapat diunduh pada Google Play dan memuatnya tiap kali ponsel dinyalakan ulang. Hal ini digunakan untuk meningkatkan privasi dan keamanan.

5G

Android Q memiliki beberapa trik khusus untuk 5G. Sistem API baru memungkinkan aplikasi mendeteksi tingkat koneksi dan kelambatan pengguna, serta mendeteksi jika koneksi sedang diukur.

Live Caption

Live Caption dapat digunakan ketika ingin memberi teks pada video maupun audio ketika prosesi tengah berlangsung. Fitur ini tidak memerlukan koneksi internet, dan dapat menyalin teks dari pengenalan suara pada perangkat yang digunakan.

Sementara Project Euphonia meningkatkan pengenalan verbal untuk memproses kata-kata yang diucapkan oleh pengguna secara lebih baik, meskipun terdapat hambatan ketika berbicara.

Alat pengembang untuk aplikasi: pengaturan sistem, konektivitas, dan media

Pengembang dapat menunjukkan pengaturan sistem yang penting secara kontekstual dalam aplikasi mereka dengan memanfaatkan fitur 'Slices' di Android 9 Pie. Maka dari itu pengguna tidak perlu repot mengaktifkan ataupun mematikan data seluler maupun WiFi pada fitur pengaturan, namun melalui browser.

Penyesuaian konektivitas, termasuk Wi-Fi otomatis memungkinkan mode kinerja tinggi atau lamban. Mode ini berguna untuk hal-hal seperti game online atau panggilan suara.

Sedangkan media, pengguna dapat menggunakan fitur blur, bokeh maupun 3D. Android Q juga akan multimedia codec. AV1 dapat membuat tampilan gambar layanan streaming lebih jernih, Opus untuk pengkodean audio, dan HDR10 + untuk video dengan resolusi tinggi.

Berbagai Macam Perizinan untuk Menjaga Privasi

Android Q akan mengubah perizinan dari umum ke spesifik. Pengguna akan mengetahui gambaran umum tentang aplikasi yang telah diberikan izin untuk hal-hal tertentu, seperti lokasi atau akses mikrofon.

Pengguna dapat melihat aplikasi mana yang telah diakses ke kamera, daftar kontak dan lokasi. Bahkan dapat melihat izin aplikasi untuk mengatur apakah akses mati, aktif, atau hanya aktif saat aplikasi terbuka.

Alat Pengembang

Freeform windows akan kembali digunakan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan mode tersebut setelah menekan dan menahan ikon aplikasi pada tinjauan aplikasi yang tengah digunakan.

Pengenalan Wajah untuk login dan pembelian

Versi Android berikutnya diprediksi akan menggunakan mode pengenalan wajah untuk verifikasi.

Tidak Ada Tombol Melainkan Kontrol Gerakan

Pengguna mungkin hanya dapat menggunakan sistem navigasi ini pada Google Pixel 3: tablet kecil di bagian bawah layar yang dapat digesek secara berputar.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77