Menu

Kamis, 12 Juli 2018, 09:21 WIB

Waspada 8 Ancaman yang Datang dari Layar Ponsel Anda

Main ponsel pada malam hari. | Sumber Foto:kaskus.co.id

SUKABUMIUPDATE.com - Telepon genggam atau ponsel adalah hal pertama yang Anda lihat di pagi hari dan hal terakhir yang dilihat sebelum tidur. Layar pada telepon genggam, tablet, dan laptop sudah dirancang agar bisa mengeluarkan sinar yang cukup terang sehingga dapat dilihat saat hari yang terik sekalipun.

Bahkan, saat malam, cahaya terang yang dihasilkan layaknya “jendela kecil” ditembus cahaya. Hal tersebutlah yang menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur. Jika kebiasaan ini diteruskan tentunya akan berakibat buruk pada kesehatan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita secara alami akan mengikuti sebuah siklus yang dimana saat pagi hingga sore kita menjadi terjaga dan saat malam kita diharuskan untuk beristirahat. Tetapi, ketika kita melihat layar ponsel pada saat kita sudah siap untuk tidur, otak kita menjadi bingung.

Paparan cahaya biru-putih yang dilepaskan oleh telepon genggam, laptop, dan gadget elektronik lainnya di malam hari mencegah otak kita melepaskan melatonin, yaitu hormon yang memberi tahu tubuh kita bahwa itu adalah malam hari. Menurut Nature Neuroscience Harvard Health Publications, terganggunya produksi hormon melatonin ini dapat mengganggu siklus tidur Anda dan menuntun pada penyakit serius lainnya.

1. Menatap layar telepon genggam terlalu lama dapat mengurangi tingkat kedip dan menyebabkan mata menjadi tegang. Tegang pada mata akan membuat mata menjadi iritasi, kering, dan kabur.

2. Saat jam tidur Anda sudah tidak lagi teratur, dimungkinkan Anda akan sulit untuk fokus dan juga mengurangi daya ingat Anda di masa depan.

3. Selain terganggunya kerja hormon melatonin, sinar yang dihasilkan layar telepon genggam juga dapat mengacaukan kerja hormon pengontrol lapar sehingga berpotensi meningkatkan risiko obesitas.

4. Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat menyebabkan penumpukan neurotoksin. Hal tersebut membuat Anda menjadi semakin sulit untuk tidur yang lelap.

5. Kualitas tidur yang buruk karena terlalu lama terpapar sinar layar telepon genggam dapat membuat Anda kesulitan dalam belajar.

6. Paparan sinar layar saat malam hari dan jam tidur yang tidak teratur juga berhubungan terhadap peningkatan risiko kanker payudara prostat.

7. Orang yang tingkat hormon melatonin terganggu dan terlalu lama melihat layar telepon genggam akan lebih rentan terkena depresi.

8. Beberapa penelitan menunjukkan bahwa Anda akan lebih rentan mengalami penurunan daya ingat dan konsentrasi jika Anda meletakkan ponsel di dekat Anda saat sedang fokus mengerjakan sesuatu.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE. com - Gempa tektonik bermagnitudo 4,7 mengguncang wilayah Garut selatan, Senin malam, 16 Juli 2018, pukul 20.39 WIB. BMKG menyatakan lindu dari Samudera Hindia itu tidak berpotensi tsunami. "Aman dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Smartphone kian menjadi alat vital bagi setiap orang. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, orang yang tidak punya smartphone tampaknya bisa dihitung jari. Namun ada kalanya kita lalai dan menyebabkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sedikit orang yang suka melakukan capture (screen-capture) percakapan WhatsApp. Tentunya, dengan berbagai alasan. Salah satunya dijadikan sebagai bahan bercandaan. Namun, mulai sekarang, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya