//
Menu

12 Nov 2020, 03:00 WIB

Persib Bandung Libur, Umuh Pilih Urus Ikan Arwana Super Red

Koleksi ikan arwana jenis super red milik Umuh Muchtar. Koleksi ikan arwana jenis super red milik Umuh Muchtar. [Aminuddin/dok. pribadi]Koleksi ikan arwana jenis super red milik Umuh Muchtar. | Sumber Foto: [Aminuddin/dok. pribadi]

SUKABUMIUPDATE.com - Petinggi klub Persib Bandung Umuh Muchtar kini tengah disibukan dengan aktivitasnya memelihara ikan arwana. Rupanya, Umuh berminat untuk menggeluti bisnis ikan arwana jenis Super Red.

Dilansir dari Suara.com, mantan Manajer Persib itu mulai melirik bisnis ikan air tawar karena kehilangan mobilitasnya selama pandemi virus Corona. Ia mengaku tak banyak hal yang bisa dilakukan karena harus lebih banyak diam di rumah.

Alhasil, Umuh pun memutuskan untuk membeli ikan arwana dan memeliharanya di kediamannya, yang berlokasi di Kampung Ciluluk, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

"Awalnya mulai pelihara pada bulan April atau Mei (2020) lah. Daripada santai gak karuan ya," ungkap Umuh belum lama ini.

Awalnya, kata dia, hanya iseng saja memelihara beberapa arwana. Namun, ternyata dari segi bisnis cukup menjanjikan, apalagi spesies arwana yang dipelihara Umuh merupakan jenis super red yang notabene memiliki harga selangit.

Arwana yang berasal dari pedalaman Kalimantan Tengah itu banyak digemari oleh penghobi ikan hias. Selain harganya yang fantastis, super red pun memiliki kelebihan mampu bermutasi warna merah pada beberapa bagian tubuhnya kala beranjak dewasa.

"Awalnya, coba-coba, terus banyak juga yang beli. Kata cucu bilang bagus prospeknya. Tadinya laku 1-2 sampai lima, terus aja banyak, jadi ya udah beli banyak dan dijual lagi," tukasnya.

Kini ada puluhan arwana super red yang menghiasi isi akuarium berukuran jumbo di kediaman Umuh. Per ekor anakan, Umuh membeli ikan hias itu rata-rata dengan harga Rp 4 juta.

"Ini kalau yang kecil Rp 4 juta, belinya dari Bogor. Rencana harus ada 150 ekor lah," jelasnya.

Selain dari segi bisnis, Umuh pun mengaku memelihara ikan hias bisa menghilangkan stres. "Ya bisa menghilangkan stress juga. Jadi tempat nongkrong saya juga sekarang," tutur Umuh yang kini menjabat sebagai salah satu Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) itu.

Sumber: Suara.com

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) nomor 22 tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya