Menu

14 Okt 2020, 08:00 WIB

Direktur PT LIB: Jadwal Liga 1 2020 Bergulir Lagi Mulai 1 November

Logo Liga 1. | Sumber Foto:(liga-indonesia.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa Liga 1 musim 2020 diupayakan berlangsung kembali mulai 1 November 2020.

Akhmad Hadian menyebut, tanggal 1 November 2020 disepakati 18 klub peserta menjadi saat dimulainya kembali Liga 1 musim 2020 dalam rapat antara PSSI, LIB dan perwakilan tim-tim Liga 1 2020 di Yogyakarta, Selasa. Namun, liga tak bisa berputar tanpa izin pemerintah.

"Untuk itu, kami akan meyakinkan pemerintah bahwa LIB bisa melaksanakan liga di tengah pandemi COVID-19 dengan protokol kesehatan yang nantinya diterapkan dengan ketat. Kami mengapresiasi perhatian Presiden Joko Widodo kepada sepak bola. Mudah-mudahan liga ini bisa dilanjutkan," ujar Akhmad Hadian, dilansir dari Tempo.co, Selasa.

Keberadaan kompetisi sepak bola nasional, dia menambahkan, memiliki banyak dampak positif seperti dapat menggerakkan sektor ekonomi masyarakat termasuk UMKM.

Kompetisi juga dapat membantu PSSI dalam mencari pemain-pemain terbaik untuk memperkuat tim nasional yang akan berlaga di beberapa kompetisi internasional pada tahun 2021, utamanya, Piala Dunia U-20.

Dan, andai pemerintah memberikan lampu hijau Liga 1 dapat berlangsung mulai 1 November 2020, PT LIB akan mengatur agar kompetisi selesai maksimal pada Maret 2021.

"Jadi kalau dimulai kembali pada 1 November 2020, kami menargetkan Liga 1 berakhir pada Maret 2021 supaya pada bulan Ramadhan yang jatuh pada April tidak ada pertandingan sepak bola," tutur Akhmad Hadian.

PSSI sebelumnya menunda penyelenggaraan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 di tengah pandemi COVID-19 lantaran tidak mendapatkan izin keramaian dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

"Pihak Mabes Polri untuk sementara tidak memberikan izin keramaian karena kasus COVID-19 yang masih tinggi. Kami juga menyadari fakta di lapangan memang demikian. Oleh karena itu, PSSI menghormati dan memahami keputusan tersebut," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada akhir September 2020.

PSSI memang berharap penundaan kompetisi itu hanya berlangsung selama satu bulan sebab jika mundur lagi akan terbentur dengan beberapa agenda seperti puasa dan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang bergulir mulai pertengahan Mei 2021.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 awalnya dijadwalkan berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021.

Liga 2 Indonesia 2020 sebelumnya direncanakan bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Paus Fransiskus mengatakan dalam sebuah film dokumenter bahwa pasangan sesama jenis harus dilindungi oleh undang-undang serikat sipil dan merupakan komentarnya yang paling jelas kepada publik untuk mendukung...

SUKABUMIUPDATE.com - Raksasa media sosial Facebook meluncurkan layanan pencari pasangan Facebook Dating di 32 negara Eropa, Rabu, 21 Oktober 2020. Peluncuran tersebut merupakan peluncuran lanjutan. Sebelumnya Facebook sudah meluncurkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Jajaran pelatih tim Persib Bandung menyesuaikan program para pemainnya dengan menggelar latihan bersama hanya tiga kali dalam sepekan untuk merespons kompetisi Liga 1 Indonesia yang hingga saat...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat untuk beraktivitas lingkungan selama periode libur panjang, 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. "Contoh musim hujan bisa mencari bibit...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya