Sejumlah Klub Liga Inggris Dinilai Tak Adil Soal Pemotongan Gaji

Jumat 03 April 2020, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.comLiga Inggris dikenal sebagai kompetisi paling ketat, keras, dan kejam di Eropa, bahkan mungkin dunia. Dilansir dari tempo.co, persaingan klub maupun pemain di Liga Inggris memang tak kenal ampun.

Bahkan predikat tim papan atas tak akan menjamin kemenangan ketika berhadapan dengan klub lemah di kandang sendiri. Semua tim punya kans yang hampir sama untuk meraih tiga poin alias kemenangan.

Faktanya, kekejaman Liga Primer terbawa hingga di luar lapangan. Kondisi ini terlihat ketika wabah virus corona atau Covid-19 menyerang daratan Eropa. Liga Inggris termasuk sekian banyak kompetisi di Benua Biru yang disetop sementara untuk menekan penyebaran virus asal Wuhan, Cina, tersebut.

Penghentian sementara kompetisi membuat aliran duit klub tersendat. Sejumlah klub di Seri A Italia, La liga Spanyol, dan Bundesliga Jerman memutar otak dengan memotong sementara gaji pemain untuk menambal gaji karyawan lain di klub.

Bahkan ada yang rela mengusulkan pemotongan gaji seperti yang dilakukan semua pemain dan pelatih Borussia Monchengladbach, Jerman. Marcus Thuram cs sadar gaji mereka lebih besar ketimbang pegawai di luar urusan sepak bola di perusahaan Monchengladbach.

"Para pemain menawarkan beberapa persen gaji mereka untuk karyawan klub. Mereka tahu kondisi keuangan saat ini sulit," kata Direktur Olahraga Monchengladbach Max Eberl.

Namun lain cerita di Liga Primer. Sejauh ini pemotongan gaji pemain hanya sebatas wacana. Sampai sekarang 20 klub peserta Liga Primer masih membayar penuh gaji para pemain saban pekannya.

Mirisnya, sejumlah klub, seperti Newcastle United dan Tottenham Hotspur, justru memotong gaji para pegawai di luar urusan sepak bola sebanyak 20 persen. Pemotongan tersebut juga berlaku hingga jajaran direksi.

Di atas kertas, keputusan Newcastle dan Tottenham sungguh memberatkan hati. Karyawan biasa yang mendapat upah beberapa ribu pound sterling harus menerima kenyataan pahit gajinya dipotong.

Sementara itu, Harry Kane dan Dele Alli dari Tottenham, juga Miguel Almiron dan Joelinton dari Newcastle, yang menerima ratusan ribu pound sterling saban pekannya, tak tersentuh pemotongan gaji.

Anggota parlemen Inggris bidang digital, media, budaya, dan olahraga, Julian Knight, mengkritik keputusan Newcastle dan Tottenham. Knight menyebut pemotongan gaji staf klub sebagai tindakan yang jahat dan tak bermoral. Menurut dia, alih-alih memangkas gaji kecil karyawan, klub seharusnya memprioritaskan pemotongan gaji pemain.

"Seharusnya pemain yang mendapat bayaran besar ikut memastikan pegawai di klub mereka tidak menderita," kata Knight.

Menurut Knight, cukup masuk akal jika klub-klub di Divisi Championship dan kompetisi di bawahnya mengalami kesulitan keuangan di tengah wabah Covid-19. "Tapi, untuk klub Liga Primer, saya rasa mereka punya dukungan finansial yang lebih kuat."

Wali Kota London Sadiq Khan pun merasa heran dengan keputusan keliru Newcastle dan Tottenham. Menurut dia, saat ini klub Liga Primer harus memperhatikan prinsip keadilan dalam melakukan akrobat keuangan.

"Pemain yang gajinya selangit sudah pasti yang pertama kali dipotong untuk menyehatkan keuangan klub. Bukan menyusahkan orang bergaji kecil," kata Khan.

Sebenarnya Asosiasi Pemain Sepak Bola Inggris, otoritas Liga Primer, Asosiasi Manajer Sepak Bola Inggris, dan perwakilan klub Liga Primer bertemu pada Rabu lalu. Mereka berembuk tentang banyak hal, termasuk soal pemotongan gaji pemain.

Namun, musyawarah tentang penyunatan gaji pemain tak mencapai kata sepakat. Walhasil, mereka akan menggelar rapat lagi sebelum pekan ini berakhir. Dari pembahasan yang alot, sejumlah media Inggris pun pesimistis bakal tercapai kesepakatan tentang perkara pemotongan gaji pemain Liga Primer.

Baru-baru ini, muncul secercah harapan dari kubu Bournemouth. Manajer tim utama Eddie Howe, Ketua Eksekutif Neill Blake, Direktur Teknik Richard Hughes, dan Asisten Manajer Jason Tidall sepakat mengajukan usul pemotongan gaji.

Howe cs berharap sebagian dari gaji mereka bisa membantu klub memberikan upah penuh kepada staf dan karyawan. "Sepak bola bukan sekadar olahraga, melainkan industri yang harus memikirkan banyak hal, termasuk keuangan," demikian pernyataan resmi Bournemouth.

Cerita berbeda terjadi di Italia. Tim juara bertahan Seri A, Juventus, setuju memangkas sementara gaji para pemainnya. Bek senior Giorgio Chiellini menjadi perwakilan pemain dalam negosiasi dengan perwakilan klub saat rapat tentang pemotongan gaji.

Bahkan mega bintang Juve, Cristiano Ronaldo, setuju gaji tahunannya dipotong hingga 3,8 juta euro atau sekitar Rp 68 miliar demi menyehatkan keuangan klub. Adapun gaji Ronaldo di Juventus setiap tahunnya mencapai 51 juta euro atau sekitar Rp 588 miliar.

Sebagai gantinya, para pemain Juventus akan dijanjikan kompensasi bonus ketika situasi sudah membaik. "Pemberian kompensasi akan dibicarakan lebih lanjut antara pemain dan manajemen klub," demikian pernyataan Juventus.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)