Menu

20 Mar 2020, 16:00 WIB

Liga Inggris Ditunda Lagi hingga 30 April, Apa Konsekuensinya?

Penyerang Manchester City Raheem Sterling, berduel dengan bek Manchester United Aaron Wan-Bissaka dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, 9 Maret 2020. | Sumber Foto:REUTERS/Phil Noble

SUKABUMIUPDATE.com -  Liga Inggris atau Premier League musim ini dipastikan akan tetap digelar hingga tuntas meski saat ini tertunda karena virus corona. Namun jadwal baru belum akan digelar pada awal April seperti rencana semula dan penundaannya diperpanjang setidaknya hingga 30 April.

Putusan itu diambil dalam rapat Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dengan pemangku kepentingan sepak bola di negara itu, Kamis, 19 Maret 2020.

Keputusan yang dibuat oleh UEFA dan CONMEBOL untuk menunda Piala Eropa dan Copa America hingga 2021 membuka pintu bagi kompetisi domestik untuk berlanjut lebih lama dari yang direncanakan. FA pun memilih mengubah peraturan yang menetapkan liga harus usai pada 1 Juni.

Lalu seperti apa jadwal baru Liga Inggris akan tersaji? Bagaimana pula jalinannya dengan jadwal Liga Champions dan Liga Europa?

Media-media Inggris, termasuk Omni Sport, sudah menyajikan simulasinya. Ternyata jadwal itu akan sangat padat dan susah mengejar kesesuaian dengan target jadwal final yang ditetapkan badan sepak bola Eropa (UEFA).

Lihat simulasi jadwal Liga Inggris itu:

2/3 Mei - laga pekan ke-30

7 Mei - Pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa yang tertunda

9/10 Mei - laga pekan ke-31

12/13/14 Mei - perempat final Piala FA

16/17 Mei - laga pekan ke-32

19/20/21 Mei- Liga Champions dan leg kedua 16 besar Liga Europa

23/24 Mei - laga pekan ke-33

26/27 Mei 28 - Leg pertama perempat final Liga Champions dan Liga Eropa

30/31 Mei - laga pekan ke-34

2/3/4 Juni - leg kedua perempat final Liga Champions dan Liga Eropa

6/7 Juni - laga pekan ke-35

13/14 Juni - Minggu internasional

20/21 Juni - laga pekan ke-36

23/24/25 Juni - leg pertama semifinal Liga Champions dan Liga Eropa

27/28 Juni - laga pekan ke-37

30 Juni / 1/2 Juli - semi final Piala FA

4 Juli - laga pekan ke-38

7/8/9 Juli - leg kedua semifinal Liga Champions dan Liga Eropa

11 Juli - Final Piala FA

15 Juli - final Liga Eropa

18 Juli - final Liga Champions.

Bisa dilihat bahwa dengan rancangan jadwal tersebut, akan sulit menyesuaikan dengan putusan UEFA yang sudah memundurkan jadwal final Liga Champions dan Liga Europa selama sebulan. Sebelumnya, badan sepak bola Eropa itu memutuskan untuk memundurkan final Liga Champions dari 30 Mei menjadi 27 Juni. Sedangkan final Liga Europa muncur dari 27 Mei menjadi 24 Juni.

Tanggal final Liga Champions itu bisa dipenuhi bila Liga Champions dimainkan lebih awal dari 1 Mei dan akan selesai ketiga Liga Inggris masih sedang bergulir. Alternatif lain adalah Liga Inggris menggelar laga seminggu dua kali.

Sumber: Tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Di awal pandemi COVID-19, anak-anak disebut sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terinfeksi virus corona. Melansir dari tempo.co, namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengemukakan fakta...

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari suara.com, pandemi virus corona memang tidak hanya membuat orang terinfeksi Covid-19. Tapi juga membuat pasien penyakit lainnya mestir menunda pengobatannya. Selama lebih dari dua bulan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama lebih dari dua bulan di rumah saja, setiap orang tentu mengalami perubahan dari segi kegiatan. Dilansir dari tempo.co, beberapa di antaranya mungkin melakukan dengan berlebihan, namun...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur tercatat dalam daftar 15 kota/kabupaten di Jawa Barat yang termasuk level 2 atau zona biru pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya