Semifinal SEA Games 2019: Lengah, Gol Timnas Indonesia U-23 Dikejar Myanmar

Sabtu 07 Desember 2019, 09:58 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Timnas Indonesia U-23 memainkan laga semifinal SEA Games 2019 melawan Myanmar, Sabtu (7/12/2019), dengan baik. Sementara, hingga tulisan ini dinaikkan, pertandingan seru Myanmar vs Indonesia itu mencatatkan skor 2-2.

Gol pertama dalam pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, itu baru diciptakan oleh para pemain Indonesia di babak kedua. Evan Dimas Darmono awalnya memecah kebuntuan di menit 57 lewat tendangan keras memanfaatkan umpan Egy Maulana Vikri.

Berikutnya, di menit 68, giliran Egy menambahkan gol untuk timnas Indonesia U-23 lewat sundulan, memanfaatkan umpan dari tendangan bebas. Indonesia pun unggul 2-0 dalam waktu cepat, yang membuat peluang menang seakan sudah di depan mata.

Tapi apa mau dikata, menit 79 dan 80, Myanmar justru dengan cepat bisa mencetak gol balasan beruntun. Keduanya karena kelengahan lini pertahanan Indonesia.

Yang pertama adalah karena permainan santai dan lengah di belakang di mana bola bisa direbut pemain Myanmar, yang berakhir dengan umpan terobosan dan tendangan keras.

Gol kedua Myanmar didapat lewat serangan dari sisi kiri, masuk kotak penalti bisa dihadang kiper Nadeo Argawinata. Sayang, bolanya lepas dan bisa diambil pemain Myanmar, hingga melepaskan tendangan dari sudut sempit yang menjebol gawang.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung berinisiatif menyerang satu sama lain sejak pertandingan dimulai. Hingga menit ke-10, Myanmar dan Indonesia saling bergantian melakukan serangan, meski belum ada peluang berbahaya yang didapatkan.

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan peluang emas pertamanya pada menit 11. Evan Dimas yang melewati dua pemain Myanmar, melesakkan tendangan jarak jauhnya. Sayang, tendangan Evan masih mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Myanmar.

Menit ke-18, Garuda Muda kembali mendapatkan peluang emas. Saat itu, Egy Maulana Vikri yang melakukan solo run, berhasil melewati dua pemain Myanmar. Egy lantas melepaskan umpan ke tengah kotak penalti yang mampu diterima oleh Osvaldo Haay. Sayang, sundulan Osvaldo masih gagal masuk ke gawang.

Memasuki menit 30, timnas Indonesia U-23 belum lagi mendapatkan tambahan peluang. Justru sebaliknya, Myanmar sempat menguasai jalannya pertandingan, meski mereka juga kesulitan membongkar pertahanan Indonesia.

Lima menit jelang pertandingan babak pertama selesai, kedua tim belum juga mencetak gol. Namun, Pasukan Merah Putih mulai bisa keluar melakukan lebih banyak serangan, kendati masih belum ada hasil yang didapat.

Hingga turun minum, belum ada juga gol yang tercipta. Skor 0-0 pun harus bertahan hingga waktu jeda.

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung ambil inisiatif menyerang. Hingga akhirnya, gol pembuka kemenangan diciptakan oleh Evan Dimas Darmono di menit 57, lewat tendangan keras memanfaatkan umpan Egy Maulana Vikri.

Berikutnya, di menit 68, giliran Egy menambahkan gol untuk timnas Indonesia U-23 lewat sundulan, memanfaatkan umpan dari tendangan bebas. Setelah gol itu, bukannya mengendur, Indonesia masih terus menekan pertahanan Myanmar.

Hanya saja, apa mau dikata, menit 79 dan 80, Myanmar justru dengan cepat bisa mencetak gol balasan beruntun. Keduanya karena kelengahan lini pertahanan Indonesia.

Yang pertama adalah karena permainan santai dan lengah di belakang di mana bola bisa direbut pemain Myanmar, yang berakhir dengan umpan terobosan dan tendangan keras.

Gol kedua Myanmar didapat lewat serangan dari sisi kiri, masuk kotak penalti bisa dihadang kiper Nadeo Argawinata. Sayang, bolanya lepas dan bisa diambil pemain Myanmar, hingga melepaskan tendangan dari sudut sempit yang menjebol gawang.

Hingga tulisan ini dinaikkan, pertandingan masih berjalan seru dengan beberapa peluang tambahan tercipta bagi kedua tim dengan tempo permainan makin cepat.

Diketahui, timnas Indonesia U-23 melaju ke seminal SEA Games 2019 sebagai runner-up Grup B, mendampingi Vietnam yang jadi juara grup. Sementara Myanmar tampil sebagai juara Grup A di penyisihan, dengan Kamboja sebagai runner-up.

Laga semifinal SEA Games 2019 cabor sepak bola putra lainnya antara Vietnam vs Kamboja sendiri juga dimainkan Sabtu (7/12) ini, di Stadion Rizal Memorial, Manila, mulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update