Kemenpora Bikin Turnamen Sepak Bola U-15, Diikuti 10 Negara

Jumat 30 November 2018, 11:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 10 negara dipastikan mengikuti turnamen sepak bola U-15 internasional pertama yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora yaitu Bali International Football Championship 2018 di Pecatu, Badung, Bali, 1-10 Desember.

"Pemerintah dalam hal ini Kemenpora bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Badung menggelar kejuaraan usia dini. Bagi non federasi, ini adalah event internasional pertama," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Jakarta, Jumat.

Turnamen ini, kata dia, digelar berbasis masyarakat yang bersifat terbuka namun untuk peserta tetap menggunakan sistem undangan.

Bali IGC 2018 harapannya bisa menjadi cikal bakal kejuaraan internasional usia muda seperti halnya Gothia Cup di Swedia dan China serta Singha Cup Singapura.

"Selama ini kita hanya mengirim tim ke luar. Tapi saat ini kita yang menjadi tuan rumah. Target kegiatan ini juga untuk meningkatkan sport tourism. Makanya Bali menjadi tuan rumah pertama turnamen ini," kata Raden Isnanta.

Dari 12 tim yang akan turun, tuan rumah Indonesia mengirimkan dua tim yaitu Timnas Pelajar hasil seleksi dari Piala Menpora U-14 yang diarsiteki Firman Utina serta Bara FC yang merupakan gabungan pemain dari SKO Ragunan dan pemaib Bali yang dilatih oleh Bambang Warsito.

Untuk tim yang lain, kata dia, berasal dari negara yang memiliki pembinaan usia dini yang cukup bagus mulai dari Australia, Jepang, Cina, Thailand, Korea Selatan, Filipina, Singapura, hingga Timor Leste.

"Mereka mengirimkan klub-klub terbaik di negaranya. Jadi kami berharap turnamen ini bisa menambah jam terbang dan pengalaman bagi pemain muda. Selain itu bisa memberi pengalaman dengan pemain yang beda postur," katanya menegaskan.

Dengan adanya kegiatan itu, Raden Isnanta berharap pemain bisa memaksimal kesempatan yang ada mengingat turnamen tersebut bakal dipantau para pemandu bakat dengan sasaran untuk menjadi bagian dari tim nasional yang diprakarsai oleh federasi sepak bola Indonesia.

Untuk menggelar kejuaraan internasional ini, Kemenpora menggandeng Gobolabali sebagai penyelenggara. Persiapan bahkan telah dilakukan dan tinggal menunggu pelaksanaan. Untuk masalah teknis akan dibahas pada pertemuan manager di Bali, Sabtu, 1 Desember.

"Lapangan sudah siap. Meski berada di desa, kualitasnya sudah standar karena menggunakan rumput matrela. Bisa main siang hingga malam. Namun semuanya tergantung hasil manajer meeting," kata perwakilan Gobolabali, M. Ahwani saat dikonfirmasi.

Turnamen Bali IFC 2018 bakal dibuka di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Ahad, 2 Desember, dan pertandingan final bakal digelar di lapangan Pecatu, Ahad, 9 Desember.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat29 Maret 2024, 22:13 WIB

Gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Kalapanunggal Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (29/3/2024) malam.
Episenter gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Jumat (29/3/2024) pukul 21:22:42 WIB. (Sumber : BMKG)
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus