Menu

Minggu, 14 Oktober 2018, 20:10 WIB

Dikalahkan Belanda, Joachim Low Terpojok dan Marah

Joachim Loew. | Sumber Foto:Wofgang Rattay

SUKABUMIUPDATE.com - Media massa di Jerman menyoroti pelatih tim nasional mereka, Joachim Low, setelah Timnas-Jerman dikalahkan Belanda 3-0 pada pertandingan Grup A1 Liga Nasional Eropa di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Minggu dinihari 14 Oktober 2018.

Masa depan Joachim Low sebagai pelatih kepala Timnas-Jerman –yang dipegangnya sejak 2006 sampai 2018 ini- pun kemudian diragukan menjelang pertandingan Liga Nasional Eropa berikutnya melawan juara Piala Dunia, Prancis, Selasa mendatang.

“Tidak untuk saat ini,” jawab Low dalam konferensi pers setelah pertandingan ketika ditanya apakah ia masih bisa memutuskan masa depannya menyusul kekalahan 0-3 melawan Belanda. Ini adalah kekalahan terbesar yang dialami Jerman dari musuh bebuyutannya itu.

Kapten dan bek tengah Belanda, Virgil van Dijk, membuka keunggulan melalui sundulannya pada babak pertama. Selanjutnya, pemain sayap Lyon, Memphis Depay, dan rekan satu tim Van Dijk di Liverpool, gelandang Georginio Wijnaldum, membuat tim Oranye menang telak di Amsterdam.

“Ini adalah brutal dan kekalahan mengecewakan, terutama karena kami mengontrol permainan dalam 30 menit pertama,” kata Low, yang masih memiliki kontrak sebagai pelatih Timnas-Jerman sampai 2022.

“Pada saat seperti ini, anda bisa merasa tidak punya kepercayaan kepada diri sendiri yang biasanya mampu kita andalkan,” kata Low.

Belanda bahkan bisa menang 4-0 kalau saja tembakan Depay tidak membentur mistar gawang Jerman. Dalam 10 menit terakhir, Jerman berada dalam tekanan berat tim asuhan pelatih Ronald Koeman itu.

Jika tim asuhan Low kalah melawan juara Piala Dunia, Prancis, di Paris, Selasa mendatag, itu artinya Jerman mencatat rekor enam kali kalah dalam setahun.

Setelah membawa Jerman memenangi Piala Dunia 2014, Loew merasa jengkel ketika ditanya apakah kekalahan beratnya adalah pada laga yang ke-168 –dan terakhir- di ajang internasional ini.

“Untuk saya, atau apa?” Low menjawab pertanyaan yang mengarah pada masa 12 tahun kepemimpinannya sebagai pelatih Timnas-Jerman, dengan nada gusar.

“Kita harus bergerak cepat (masuknya berlanjut ke pertanyaan berikutnya). Saya orang yang salah untuk membicarakan soal itu,” Low menegaskan.

Low menandatangani sebuah kontrak baru dengan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) dalam bulan Mei yaitu sampai Piala Dunia berikutnya. Tapi, kecuali hasil Timnas-Jerman segera membaik, DFB diragukan akan mempertahankan kesepakatan kontrak baru dengan Loew.

Setelah tampil buruk pada Piala Dunia 2018 di Rusia, yaitu tersingkir pada babak penyisihan grup setelah menempati urutan terbawah klasemen, harus kembali berjuang di penyisihan grup Liga Negara Eropa.

Jerman harus menang pada dua pertandingan terakhir, yaitu melawan Prancis pada Selasa mendatang dan menghadapi Belanda di Gelsenkirchen, 19 November. Kalau tidak, Timnas-Jerman terancam terdegradasi dalam debutnya di kompetisi baru Liga Eropa ini.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih sementara Timnas Indonesia senior, Bima Sakti, tampaknya tak ingin repot menerapkan skema permainan pada laga uji coba internasional. Bima menyatakan akan fokus mengoptimalkan transisi bermain kala...

SUKABUMIUPDATE.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyediakan asuransi kesehatan bagi seluruh pemain timnas Indonesia. Asuransi itu berlaku untuk Baik Timnas Putra maupun Putri di level usia U-16, U-19,...

SUKABUMIUPDATE.com - Andik Vermansyah senang kembali dipanggil Timnas Indonesia untuk menghadapi Hong Kong pada laga uji coba internasonal (FIFA Match Day), di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Selasa, 16 Oktober...

SUKABUMIUPDATE.com - Marko Simic menjadi pahlawan kemenangan Persija Jakarta di kandang Madura United, Minggu 14 Oktober. Penyerang asal Kroasia itu membobol gawang Madura pada menit ke-39 dan gol tunggal...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya