Kenalan dengan Wasit Sepakbola Berhijab Indonesia Nur Holisah

Kamis 07 Juni 2018, 04:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di Indonesia, jumlah wasit perempuan untuk olahraga sepakbola jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Menurut mahasiswa program studi matematika murni di Universitas Negeri Jakarta atau UNJ, Nur Holisah, angkanya tak lebih dari 10 orang, termasuk dirinya. Perempuan berhijab ini memantapkan diri menekuni dunia perwasitan sejak 2013, dan kini dia telah mengantongi lisensi C2 tingkat provinsi.

Nur Holisah sudah teruji memimpin berbagai pertandingan, mulai dari kelas pertandingan antar kampung hingga Liga 3. "Saya tertarik menjadi wasit karena profesi ini unik dan tidak semua orang berminat," kata Nur Holisah di Novotel Hotel dan Resort Tangerang, Minggu 3 Juni 2018. "Bagi saya, pekerjaan sebagai wasit adalah tantangan."

Perempuan 20 tahun ini menceritakan awal muda keinginannya menjadi wasit tidak mendapat restu orang tua. Sulung dari dua bersaudara itu berusaha meyakinkan ayah ibunya kalau dia bisa menjadi wasit. Terlebih Nur Holisah adalah atlet dari cabang olahraga atletik dari Kabupaten Bekasi.

"Dengan semangat dan latar belakang tadi, orang tua saya sekarang mengerti dan memberi dukungan," kata dia. Menjadi wasit juga tak membuat Nur Holisah meninggalkan kuliahnya yang kini sudah masuk semester VI.

Ketika memimpin pertandingan, Nur Holisah punya pengalaman yang membuatnya resah. Saat itu dia menjadi wasit pertandingan sepakbola anak-anak. Hanya saja, orang tua dari tim sepakbola anak yang kalah tak menerima kekalahannya.

"Orang tua yang menonton kesal saat gawang tim kesebelasan anaknya kebobolan. Mereka malah memanas-manasi suasana dengan meneriakkan kata-kata yang tidak pantas, misalnya pukul saja lawannya, dan sebagainya" kata Nur Holisah.

Di saat seperti itu, Nur Holisah harus bisa mengatur permainan agar tetap sesuai aturan. "Saya harus sabar, disiplin, dan mengarahkan pemain untuk fair," katanya. Mendengar teriakan orang tua yang bikin suasana pertandingan tambah kacau, Nur Holisah berupaya mendekati para pemain yang masih anak-anak itu dan meyakinkan mereka bisa menjadi pemain yang baik. "Kalau sampai mengikuti kata-kata penonton, pemain bisa kena sanksi bahkan masuk dalam tindak kriminal."

Nur Holisah berharap pilihan kariernya ini bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan, terutama yang berhijab. Menurut dia, memakai hijab bukan halangan untuk berprestasi di bidang apapun.

"Di lapangan masih bisa tampil cantik. Pakai hijab dengan seragam wasit yang sesuai ketentuan. Celana panjang, atasan kaos lengan panjang, dan tetap berkerudung," ujarnya sembari tersenyum.

Selain Nur Holisah, ada Tiyas Puspita seorang novelis, dan Desi Antika Putri yang menjabat creative program sebuah acara televisi yang berbagi inspirasi. General Manager Novotel Hotel dan Resort Tangerang, Windiarto mengatakan acara Ramadan Beauty diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi para tokoh muslimah dan komunitas hijabers."Dalam Ramadan Beauty ini kami mengadakan beauty class, fashion show competitation dan talk show," ucap dia.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)