Pembukaan Peparnas Usung Tema "Terbanglah Garudaku Mendunia"

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Sabtu (15/10), mengusung semangat dan tema "Terbanglang Garudaku Mendunia".

"Prosesi pembukaan Peparnas 2016 selain mengusung tagline “menembus batas” juga akan mengekspresikan spirit prestasi internasional yang akan kita tuangkan dengan tema “Terbanglah Gaduraku Mendunia”, kata Koordinator Tim Sembilan Bidang Upacara PB PON dan Peparnas 2016 Jabar Aat Suratin di sela-sela gladi kotor di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Kamis.

Menurut Aat, rangkaian upacara pembukaan Peparnas dikemas dalam bingkai harmoni Nusantara dengan mengusung berbagai seni budaya Indonesia yang dikemas dengan “rasa” Jawa Barat.

Sebanyak 600 penari akan dilibatkan, termasuk 200 penari dari 48 sekolah luar biasa di Kota Bandung. Sedangkan 400 penari lainnya seniman-seniman muda dari SMKN 10 Kota Bandung yang merupakan sekolah pengembangan kesenian.

Pergelaran seni budaya itu akan digelar seusai penyulutan api kaldron Peparnas 2016 yang rencananya akan dilakukan oleh Ni Nengah Widiasih, peraih medali perunggu pada ajang Paralympiade 2016 di Rio de Janeiro.

Rencananya, pembukaan Peparnas 2016 Jabar akan dihadiri dan dibuka Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Dalam perhelatan kolosal tersebut, menurut Aat spirit untuk mendorong generasi-generasi atlet muda Indonesia berprestasi internasional akan menjadi fokus dari pergelaran yang rencannya berlangsung lebih dari sejam itu.

"Semangatnya, masa depan harus diisi dengan prestasi tak hanya di tingkat lokal, nasional tapi juga tingkat dunia. Peparnas menjadi sebuah ajang yang bisa memfasilitasi seorang atlet berprestasi dan diakui sebagai legenda," katanya.

Sementara itu tim kreatif upacara pembukaan Peparnas telah melakukan latihan di Stadion Siliwangi Bandung, langsung menggunakan stage yang dipersiapkan untuk perhelatan itu. Bahka latar belakang stage ditempatkan megatron yang akan menunjukan visual pendukung pementasan itu.

Rangkaian pembukaan Peparnas 2016 Jabar, akan dibuka melalui sebuah performance dari sebuah grup band Kota Bandung yang sedang naik daun Bandung Rock Anthem. Penampilan menghentak di laga awal akan menjadi pembuka dari perhelatan semarak Peparnas.

Selain itu sebanyak 600 penari akan menampilkan beberapa tarian dengan kostum full colour lengkap dengan instalasinya. Salah satunya tarian dari Kalimantan yang mengekan kostum khas daerah itu, kemudian tarian dari Nangroe Aceh Darusalam, Palembang, Papua, NTT dan lainnya, termasuk beberapa tarian dari Jawa Barat.

Pada pementasan itu, sekitar 30-an penari juga akan meliuk-liuk menari dengan payung khas dari Tasikmalaya diiringi beberapa lagi khas Jawa Barat.

"Aransemen musiknya digarap dengan rasa Jawa Barat. Kami memberikan penampilan lain dari pada yang lain, dan diharapkan pementasan ini menjadi yang termeriah sepanjang Peparnas," kata Aat.

Aksi pamungkas dari perhelatan pembukaan Peparnas itu akan ditutup oleh aksi panggung grup band Java Jive.

Sementara itu Stadion Siliwangi Bandung telah diseting untuk upacara pembukaan itu. Selain membangun stage pergelaran di tribun timur, juga telah menyiapkan tribun di bagian sentleban Stadion Siliwangi untuk tamu tamu VIP. Bagian masuk stadion dari pintu kiri dan kanan tribun telah disiapkan secara khusus untuk memudahkan akses bagi para atlet berkebutuhan khusus itu.

"Kami juga telah mempersiapkan sejumlah instalasi untuk mendukung pementasan itu. Dan rencananya akan ada pertunjukan yang berbeda dengan pembukaan dan penutupan PON 2016," kata Aat Suratin.

Sementara itu Koordinator Talent Pembukaan Peparnas 2016 Jabar, Iman menyatakan para penari yang akan dilibatkan pada acara itu berbeda dengan mereka yang tampil pada ajang pembukaan dan penutupan PON.

"Semua penari yang khusus dipersiapkan untuk perhelatan Peparnas dan tidak terlibat dalam pembukaan dan penutupan PON. Ditambah lagi 200 penari dari 48 sekolah luar biasa yang telah kami latih untuk tampil pada ajang pembukaan ini," kata Iman menambahkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)