Menu

12 Nov 2019, 14:14 WIB

Lima Hal Seputar Pembangunan Soccer Camp di Cikidang Sukabumi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan datang langsung untuk meninjau lahan yang rencananya akan digunakan kompleks sepak bola atau soccer camp di Desa Bumisari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/11/2019). | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan datang langsung untuk meninjau lahan yang rencananya akan dibangun kompleks sepak bola atau soccer camp di Desa Bumisari, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (9/11/2019).

Pada kesempatan ini, mantan Kapolda Jabar ini meminta dukungan semua pihak agar soccer camp tersebut terlaksana. Iriawan menargetkan tahun depan Soccer Camp PSSI di Cikidang sudah bisa digunakan tahun depan.

Dari kunjungan tersebut, berikut lima hal seputar soccer camp yang dirangkum sukabumiupdate.com.

1. Dibangun Enam Lapang Sepak Bola

Dalam soccer camp tersebut terdapat enam lapangan yang akan dibangun. Empat lapangan rumput dan dua lapangan sintetis. Fasilitas akan dilengkapi dengan wisma dan infrastruktur khusus untuk meningkatkan kemampuan para atlet.

2. Bantuan Dana dari FIFA

FIFA akan memberikan bantuan untuk pembangunan Soccer Camp dengan nilai fantastis sebanyak 2,8 juta US dolar atau hampir mencapai Rp 40 miliar.

"Besarannya USD 2,8 juta atau setara hampir Rp 40 miliar. Akan dibangun sesuai perencanaan. Satu lapangan bisa memakan biaya sekitar Rp 5-6 miliar. Sisanya untuk wisma dan fasilitas infrastruktur lainnya," ujar Iriawan.

3. Ditargetkan Tahun Depan Rampung

Soccer Camp PSSI di Cikidang ditargetkan rampung pada tahun depan dan dapat digunakan pada tahun itu juga. Target pembangunan soccer camp ini seiring dengan finalisasi pembangunan Jalan Tol Bocimi.

"Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita pakai sejalan dengan jalan tol selesai," jelas Iwan.

4. Pertama di Indonesia

Soccer Camp Cikidang akan menjadi yang pertama di Indonesia, dan bisa dibilang sebagai pilot project. Apalagi, Soccer Camp tersebut akan dibuat berdasarkan standar dari FIFA alias berskala internasional.

5. Arsitek Sukabumi

Di balik rencana pembangunan Soccer Camp tersebut, ada nama arsitek Sukabumi yang bertugas mendesain lapangan Soccer Camp. Ia adalah Yudi Fahrudi, dari Yufa Green Architect Sukabumi.

"Konsep lapangan sendiri ada standar FIFA. Ditambah beberapa sentuhan untuk bangunan. Kemudian di dalam bangunan juga harus sesuai standar FIFA," kata Yudi.

Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) dan sejumlah ormas islam meminta pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ditunda. Bukan tanpa alasan, permintaan itu berangkat dari kekhawatiran mereka bahwa ajang Pilkada...

SUKABUMIUPDATE.com -  Valentino Rossi resmi diumumkan sebagai pembalap Petronas Yamaha untuk musim MotoGP 2021. Pengumuman dilakukan di sela rangkaian MotoGP Catalunya di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 26 September 2020. Rossi menandatangani...

SUKABUMIUPDATE.com - Komnas Ham dan sejumlah ormas islam meminta Pilkada serentak 2020 ditunda. Mereka khawatir ajang Pilkada akan meningkatkan kasus Covid-19, karena akan banyak kegiatan pengumpulan massa. Di Kabupaten...

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa program studi akuntansi Universitas Nusa Putra menjadi satu-satunya perwakilan dari Sukabumi yang mengikuti olimpiade akuntansi online nasional INSECT (IAI nasional seminar and competition) 4.0 tingkat universitas. Mahasiswa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya