Target Emas di SEA Games 2019, Ini Profil Wakil eSports Indonesia

Minggu 08 September 2019, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Cabang eSports masuk dalam agenda cabang olahraga yang dipertandingan dalam perhelatan multicabang SEA Games 2019 di Manila, Filipina, pada 30 November hingga 11 Desember 2019.  Indonesia mengirimkan perwakilannya untuk meraih medali emas.

Ada enam nomor eSports yang dipertandingkan dalam perhelatan tersebut, yakni Mobile Legends, Dota 2, Starcraf II, Tekken 7, Arena of Valor, dan Heartstone. Di enam nomor itu, Indonesia memiliki perwakilannya masing-masing.

Manajer tim eSports Indonesia, Richard Permana, mengatakan Indonesia menargetkan meraih satu medali emas dari 51 emas yang diperebutkan. Dari enam nomor, dua yang menjadi andalan, yakni Hearthstone dan Mobile Legends.

“Heartstone ada dua orang, tapi tandingnya satu lawan satu. Kita ada peluang jadi finalis di situ, jadi bisa meraih medali emas dan perunggu. Mobile Legends itu satu tim lima orang dan berpeluang mendapat emas,” ujar Richard belum lama ini.

Berikut kontingen Timnas e-Sports Indonesia untuk SEA Games 2019:

1. Dota 2

Dota 2 dimainkan oleh dua tim yang beranggota lima orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada di pojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient". Tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lawan agar dapat memenangkan pertandingan.

PG.BarracX terpilih sebagai wakil Indonesi untuk cabang DOTA 2 usai menumbangkan Evos dan pemenang IENC, Binus University. Tim yang telah padu ini akan dibimbing secara strategi oleh Jose Darcy. Selain itu, kehadiran mantan support 4 BOOM.ID Tri "Jhocam" Kuncoro bakal menambah daya gedor PG.BarracX dengan kreativitas playmaking-nya.

Adapun para atlet cabang Dota 2 yakni Hidayat “Lawlesshy” Narwawan, Kevin “Viseri” Manuel Johan, Fahmi “Huppey” Choirul Akbar, Felix “Ifrit” Rodeardo, Muhamad Luthfi “Azur4”, dan Tri “Jhocam” Kuncoro.

2. Mobile Legends: Bang Bang

Serupa dengan Dota 2, namun Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel sementara Dota 2 dimainkan dalam PC. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri.

Atlet yang mewakili Indonesia di Mobile Legends merupakan kombinasi antara tim e-Sports Onic dan Evos. Para atlet yang pilih adalah mereka yang terbaik dari setiap tim Mobile Legends yang ada di Indonesia.

Para pemain terbaik kemudian dipilih dan harus menjalani program seleksi dan Bootcamp. Akhirnya terpilih tujuh orang berhak mewakili Indonesia untuk nomor e-Sports tersebut.

Adapun ketujuh nama itu seperti Gustian “Rekt”, Adrian “Drian” Larsen, Maxhill “Antimage”, Teguh “Psychoo” Imam, Yurino “Donkey” Putra, M. Ridwan “Wannn”, dan Eko “Oura” Julianto.

3. Hearthstone

Permainan Hearthstone masih belum terlalu dikenal oleh para gamers secara luas di Indonesia, tidak seperti Dota, Mobile Legends, PUBG, atau Point Blank. Hearthstone adalah game bergenre Collectible Card Game yang dibuat oleh Blizzard Entertainment.

Masih belum ada perwakilan yang lebih baik dari Hendry “Jothree” Koentarto dan Rama “Douahou” Ariangga untuk kategori Hearthstone. Mereka adalah wakil Indonesia di Asian Games 2018, bahkan Jothree jadi salah satu kisah membanggakan dengan torehan medalinya.

Berada di samping mereka adalah sang pelatih Novan, alias Nexok40, yang juga tak asing berperan di balik layar. Dia telah memberi masukan berarti untuk Jothree dan Douahou di perhelatan Asian Games kemarin.

4. Arena of Valor

Permainan Arena of Valor (AOV) tidak jauh beda dengan Mobile legends. Mode utama permainan ini adalah pertarungan lima melawan lima di sebuah medan perang bernama Antaris Battlefield. Peperangan ini tidak hanya mengandalkan kemampuan individu, melainkan berkonsep kerja sama tim.

Dari kubu AOV tidak perlu lagi rasanya tim  Indonesia mencopot pasang dengan pemain lain. Evos E-Sports telah membuktikan berulang kali bahwa mereka adalah tim AOV terbaik di Indonesia..

Adapun atlet yang mengisi noor AOV yakni Satria “Wiraww” Adi Wiratama, Hartawan “Wyvorz” Muliadi, Hartanto “Pokka”, Farhan “Hanss” Akbari, Gilang “LLAF” Dwi Falah, dan Wibisono “Carraway” Teja. 

5. Tekken 7

Tekken 7 merupakan permainan pertarungan  satu melawan satu besutan Bandai Namco. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang. Mereka harus saling mengalahkan dalam setiap babak.

Adriansyah “Meat” dan Anthony “TJ” adalah dua orang peserta terbaik dari seleksi Indonesia E-Sports National Championship (IENC) lalu. Meat sempat ditumbangkan oleh TJ dan memaksanya berjuang dari loser bracket. Untungnya, Meat masih berhasil membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik di kancah nasional. Bram Arman selaku manajer tim nasional dan juga co-founder Advance Guard optimistis skuad ini mampu meraih tiga besar di cabang Tekken 7 Sea Games 2019.

6. Starcraft II

StarCraft 2 adalah gim strategi yang dimainkan secara real time dan arena permainan ditampilkan dari top down perspective atau kamera ditampilkan dari atas dan menghadap ke bawah. Misi dalam permainan multiplayer adalah untuk membuat dan mengatur pasukan kita untuk menghancurkan semua markas musuh.

Serupa dengan Heartstone, StarCraft II tak memerlukan seleksi seperti cabang lainnya. Mereka didasari pada prestasi yang pernah diraih. Emmanuel “Quantel” Enrique memenuhi kriteria dengan memiliki ranking Grand Master dan didaulat sebagai pemain terbaik tanah air. Sementara Dani “Deruziel” Bondan ada di Master 1 dan pernah menjadi wakil Indonesia di World Electronic Sport Games (WESG) 2017.

Menurut Richard seleksi untuk tim nasional eSports ini lebih mengedepankan pencarian tim ketimbang atlet perorangan karena dipercaya lebih padu, sehingga tak membuang banyak waktu dalam mencari kepaduan.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp