//
Menu

13 Nov 2020, 19:23 WIB

Terlahir Tanpa Tangan dan Kaki Kanan, Bocah Surade Sukabumi Ingin Sekolah

SUKABUMIUPDATE.com - Semangat Siti Rania Putri Solehah (6 tahun), bocah perempuan cantik anak keempat dari pasangan Mahpudin (55 tahun) seorang petani dengan Saptinah (50 tahun), warga Kampung Cipari RT 04/02 Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, yang terlahir dengan kondisi badan yang tidak lengkap.

Siti Rania terlahir dengan tanpa kaki dan tangan kanan. Sementara kaki dan tangan kirinya tidak berfungsi dengan normal. "Kondisi tidak normal semenjak lahir, " lirih Mahpudin kepada sukabumiupdate.com, Jumat (13/11/2020).

Mahpudin menuturkan, kondisi badan anaknya tersebut sehat. Maakan dan minum pun normal seperti biasa. Tapi untuk berbicara kurang jelas, bahkan kebanyakan memakai bahasa isyarat. Dalam kesehariannya, Siti Rania hanya terbaring di rumah, meskipun sesekali berusaha duduk dengan bantuan orang tuanya.

"Saat melihat yang pergi sekolah dan ditanya mau sekolah, dia langsung merespon dengan cepat. Dia langsung bicara dan tersenyum dan raut wajahnya menandakan keinginan untuk bersekolah," tuturnya.

Siti Rania Putri Solehah merupakan anak bungsu, di mana anak pertama Mahpudin adalah seorang perempuan dan sudah berumah tangga. Lalu anak keduanya seorang laki-laki yang kini menimba ilmu di pondok pesantren. Lalu anak ketiganya seorang laki-laki duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kami sudah merencanakan untuk menggunakan kursi roda agar bisa beraktivitas di rumah maupun saat nanti ke sekolah. Cuma kondisi ekonomi belum memungkinkan untuk membeli  kursi roda," tutur Mahpudin. "Maklum lah penghasilan petani, hanya cukup untuk kebutuhan sehari hari saja. Doanya saja semoga ada rezekinya," pungkas Mahpudin.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Keluhan nyeri dada tak bisa diremehkan. Apalagi jika nyeri itu terasa sampai tembus ke bagian punggung. Banyak penyakit yang memicu nyeri dada dan bisa juga disebabkan komplikasi....

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya