Menu

15 Sep 2020, 22:10 WIB

Lumba-lumba Hidung Botol Kembali ke Teluk Palabuhanratu Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kemunculan hewan mamalia laut itu terekam jelas dalam video berdurasi 31 detik yang diabadikan oleh anggota Satpol Air polres Sukabumi Brigadir Erwin saat ikut dalam tim gabungan Satuan Polisi Air Polres Sukabumi, TNI Angkatan Laut, UPTD PSDKP Wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat dan Satwas PSDKP Palabuanratu.

Diungkapkan Kasi Sumberdaya Kelautan Provinsi Jabar Abdul Azis, puluhan lumba-lumba yang terekam dalam video tersebut muncul tepat di kawasan Perairan Loji sesaat tim gabungan bertolak menuju perairan Palabuhanratu dengan menggunakan kapal KP Napoleon Jabar 01 milik SDKP Provinsi Jawa Barat.

"Tim gabungan bertolak sekitar pukul 10.00 WIB dari perairan Loji menuju Palabuhanratu tiba-tiba kami terkejut melihat puluhan lumba-lumba muncul di depan dan samping perahu," ujarnya, Selasa (15/9/2020).

Dijelaskan Abdul Azis, Kemunculan puluhan lumba lumba tersebut menurutnya bak sedang sedang mengawal tim gabungan yang sedang berpatroli laut. "Tim gabungan akhir-akhir ini rutin menggelar patroli itu dilakukan sebagai langkah konkret untuk menjaga gangguan kamtibmas di wilayah perairan Sukabumi," jelasnya. 

Bagi warga pesisir dan nelayan Palabuhanratu, kemunculan kawanan lumba-lumba hidung botol ini adalah fenomena tahunan. Dari catatan redaksi sukabumiupdate.com, kawanan lumba-lumba ini pada bulan Noveber 2018 juga sempat direkam warga yang tengah mencari ikan di sekitar perairan teluk Palabuhanratu, bahkan foto dan video penampakan mamalia laut itu lebih dekat dan detil.

Saat itu aksi lumba-lumba ini direkam oleh nelayan sekaligus anggota Pos Basarnas Sukabumi, Fajar Sepdiansyah (23 tahun). Lokasinya sekitar 2 mil dari daratan Pantai Sukawayana Tengah.

"Dua hari berturut-turut saya lihat kawanan lumba-lumba. Selain di lepas Pantai Sukawayana Tengah juga ada di perairan sekitar PLTU," ujar Fajar kepada sukabumiupdate.com, waktu itu.

Sumber Video: Dokumentasi Satpol Air

Reporter : NANDI
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati memandang perlu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Kampanye Pemilihan Kepala Daerah lebih progresif, termasuk mengatur pula...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pencabulan anak di bawah umur yang dilakukan oleh ayah kandungnya sendiri alias hubungan inses yang terjadi di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, mendapat sorotan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan tes usap massal diprioritaskan untuk daerah-daerah dengan risiko penularan yang tinggi. Hal ini disampaikan Doni menjawab desakan agar pemerintah melakukan 3T,...

SUKABUMIUPDATE.com - Penetapan dan pengambilan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi melahirkan euforia. Nomor urut pasangan calon dikapitalisasi dalam berbagai sudut pandang, bahkan sampai pada pendekatan mistik. Pasangan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya