Menu

13 Mar 2020, 15:30 WIB

Video: Puluhan Tahun Bantu Warga Seberangi Sungai di Perbatasan Sukabumi-Cianjur

SUKABUMIUPDATE.com - Mali (70 tahun) warga Kampung Tangkolo Muara RT 04/05, Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, boleh dikatakan sudah begitu akrab dengan derasnya arus Sungai Cibuni. Dia sangat mengenal karakter sungai yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur ini.

Pasalnya, sudah puluhan tahun, Mali menyediakan rakit untuk menyeberang. Sebelum dirinya, sejak ratusan tahuh lalu rakit sudah digunakan oleh para sesepuh dan orang tua untuk menyeberangi Sungai Cibuni.

"Mungkin kalau penyebrangan dengan rakit sudah ratusan tahun," ujar Mali kepada sukabumiupdate.com, Jumat (13/3/2020).

Setiap hari, jasa Mali dipakai warga dari Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi yang ingin menyeberang ke Desa Mulyasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Sukabumi atau sebaliknya.

Adapun lokasi mangkal rakit Mali berada di Kampung Tangkolo Muara Dusun Cibitung, Desa Hegarmulya menuju Kampung Ciparang, Desa Mulyasari. Biasanya, kata Mali, yang menyeberang itu untuk menjual hasil bumi atau pertanian kemudian mengunjungi sanak keluarga hingga penjual pakaian.

Mali mengaku sudah belajar menggunakan rakit semenjak usia remaja. Adapun rakit miliknya memiliki panjang enam meter, lebar dua meter serta alat bantu berupa tali tambang sepanjang 120 meter yang diikat ke pohon membentang dari tepi sungai ke tepi sungai lainnya.

"Rakit tersebut mampu mengangkut lima orang, kecuali bawa motor atau bawa barang pastinya dibatasi gimana situasi air, " tandasnya.

Ketika hujan deras atau cuaca buruk maka Mali akan mengentikan dulu rakitnya. Sebab dalam keadaan ini air sungai akan meluap. "Disaat banjir terpaksa tidak bisa menyebrang, warga yang mau nyebrang harus nunggu dulu beberapa jam," jelasnya.

Kalau masalah tarif, tidak dibandol bahkan Mali tidak pernah meminta. "Ada yang mengasih diterima, tidak pun tidak ditagih. (Biasanya) ada yang ngasih Rp5 ribu hingga Rp 20 ribu. Kalau tidak ada saya ada anak yang juga membantu menyebrangkan," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya