Menu

14 Des 2019, 15:15 WIB

Video: Pantai Ratumandala, Keindahan Tersembunyi di Selatan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Ratumandala menjadi salah satu pantai yang rekommended untuk dikunjungi saat liburan. Pantai yang berada di Desa Cipendeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini cukup tersembunyi karena diapit oleh dua pantai lainnya, yaitu Pantai Cidaladi dengan Pantai Minajaya.

Memilki pasir putih serta bersih serta pohon pandan laut merupakan pemandangan pantai tersebut. Tak hanya keindahanya, pantai ini merupakan pantai penghasil rumput laut serta lobster.

Untuk menuju ke lokasi, patokanya Kantor Desa Cipeundeuy yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Kantor Kecamatan Surade. Sedangkan dari kantor Desa Cipendeuy menuju Pantai Ratumandala sekitar enam kilometer dengan jalan separuh beraspal separuh lagi batu.

Ketua Karang Taruna Desa Cipeundeuy, Muhamad Supardi mengatakan, pada tahun 1995 sempat akan dibangun fasilitas wisata di Pantai Ratumandala namun pembangunannya tidak berlanjut.

Yang tersisa, kata Supardi, puing-puing bekas kolam renang dan bangunan vila serta sumur artesis yang masih digunakan warga. "Baru beberapa bulan ini mulai ada penataan, bahkan sudah dibuatkan mushola dan beberapa sawung," tambahnya.

Di tempat ini mulai pagi hari hingga sore, terlihat aktivitas warga yang mencari rumput laut juga ada yang menangkap lobster dengan cara tradisional. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, pantai akan dipenuhi oleh warga yang berwisata.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang kasus kepemilikan narkoba Lucinta Luna ditunda imbas Pengadilan Negeri Jakarta Barat ditutup selama sepekan karena temuan kasus Covid-19. Dilansir dari tempo.co, PN Jakarta Barat tutup sejak Selasa...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memastikan penambahan 10 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sukabumi bukan berasal dari instansi pemerintah daerah. Tapi Fahmi menyebut, salah satu dari 10...

SUKABUMIUPDATE.com - Polres Sukabumi Kota kembali menerima laporan terkait korban kasus investasi bodong CV Hoki Abadi Jaya Cianjur asal Sukabumi. Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, hingga hari ini, Rabu...

SUKABUMIUPDATE.com - Partai Berkarya kubu Muchdi Purwoprandjono atau Muchdi Pr mengklaim telah menerima Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM terkait perubahan susunan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Berkarya...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya