Light Dark

Video: Pantai Ratumandala, Keindahan Tersembunyi di Selatan Kabupaten Sukabumi

Video | 14 Dec 2019, 15:15 WIB 14 Dec 2019, 15:15 WIB
Image

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Ratumandala menjadi salah satu pantai yang rekommended untuk dikunjungi saat liburan. Pantai yang berada di Desa Cipendeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini cukup tersembunyi karena diapit oleh dua pantai lainnya, yaitu Pantai Cidaladi dengan Pantai Minajaya.

Memilki pasir putih serta bersih serta pohon pandan laut merupakan pemandangan pantai tersebut. Tak hanya keindahanya, pantai ini merupakan pantai penghasil rumput laut serta lobster.

Untuk menuju ke lokasi, patokanya Kantor Desa Cipeundeuy yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Kantor Kecamatan Surade. Sedangkan dari kantor Desa Cipendeuy menuju Pantai Ratumandala sekitar enam kilometer dengan jalan separuh beraspal separuh lagi batu.

Ketua Karang Taruna Desa Cipeundeuy, Muhamad Supardi mengatakan, pada tahun 1995 sempat akan dibangun fasilitas wisata di Pantai Ratumandala namun pembangunannya tidak berlanjut.

Yang tersisa, kata Supardi, puing-puing bekas kolam renang dan bangunan vila serta sumur artesis yang masih digunakan warga. "Baru beberapa bulan ini mulai ada penataan, bahkan sudah dibuatkan mushola dan beberapa sawung," tambahnya.

Di tempat ini mulai pagi hari hingga sore, terlihat aktivitas warga yang mencari rumput laut juga ada yang menangkap lobster dengan cara tradisional. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, pantai akan dipenuhi oleh warga yang berwisata.

Image

Nuria Ariawan

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter