Menu

14 Des 2019, 15:15 WIB

Video: Pantai Ratumandala, Keindahan Tersembunyi di Selatan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Ratumandala menjadi salah satu pantai yang rekommended untuk dikunjungi saat liburan. Pantai yang berada di Desa Cipendeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ini cukup tersembunyi karena diapit oleh dua pantai lainnya, yaitu Pantai Cidaladi dengan Pantai Minajaya.

Memilki pasir putih serta bersih serta pohon pandan laut merupakan pemandangan pantai tersebut. Tak hanya keindahanya, pantai ini merupakan pantai penghasil rumput laut serta lobster.

Untuk menuju ke lokasi, patokanya Kantor Desa Cipeundeuy yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Kantor Kecamatan Surade. Sedangkan dari kantor Desa Cipendeuy menuju Pantai Ratumandala sekitar enam kilometer dengan jalan separuh beraspal separuh lagi batu.

Ketua Karang Taruna Desa Cipeundeuy, Muhamad Supardi mengatakan, pada tahun 1995 sempat akan dibangun fasilitas wisata di Pantai Ratumandala namun pembangunannya tidak berlanjut.

Yang tersisa, kata Supardi, puing-puing bekas kolam renang dan bangunan vila serta sumur artesis yang masih digunakan warga. "Baru beberapa bulan ini mulai ada penataan, bahkan sudah dibuatkan mushola dan beberapa sawung," tambahnya.

Di tempat ini mulai pagi hari hingga sore, terlihat aktivitas warga yang mencari rumput laut juga ada yang menangkap lobster dengan cara tradisional. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, pantai akan dipenuhi oleh warga yang berwisata.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres. Hanya saja, seringkali stres ini tak dikenali. Hal itu disampaikan Carrie Bashoff Spindel, asisten profesor psikiatri klinis anak dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar kurang menyenangkan menghampiri para pengguna WhatsApp. Pada Minggu sore (19/1/2020), aplikasi pesan instan tersebut mengalami gangguan (down). Berdasarkan pengamatan Suara.com, WhatsApp gangguan karena tidak bisa mengirim ataupun...

SUKABUMIUPDATE.com - Aktor dan Penayanyi Al Ghazali berpose saat mengunjungi Suara.com di Jakarta Selatan, Jumat (17/12). Al Ghazali akhirnya mengakui kalau dirinya memang sudah balikan dengan Alyssa Daguise. Seperti diketahui,...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kembali mengajak masyarakat berpartisipasi dalam agenda olahraga yang ia beri nama Gurak alias Minggu Bergerak. Minggu (19/1/2020), Fahmi mengajak warga bersama-sama berolahraga di...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya