Menu

14 Des 2019, 11:30 WIB

Video: Bugeul Jebol, Warga Berburu Toe di Sungai Cikaso Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, beberapa hari ini sering mendatangi Sungai Cikaso, tujuannya untuk berburu kerang.

Di sungai yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dengan Kecamatan Tegalbuleud, ini warga mendapatkan banyak kerang yang oleh warga setempat disebut dengan nama toe atau remis.

Toe yang diperoleh ini selain untuk dikonsumsi juga dijual dengan Rp 7.000 per liter untuk kerang ukuran kecil dan Rp 10 ribu per liter untuk kerang berukuran besar.

"Sudah tiga hari ini kami berburu toe," ujar warga, Mamat (55 tahun), kepada sukabumiupdate.com.

Warga dari anak-anak hingga para ibu berdatangan ke sungai dengan membawa saringan dan wadah. Ada juga yang membawa kain untuk dipakai sebagai jala. Biasanya anak-anak mencari kerang setelah pulang sekolah.

Warga berani turun ke sungai Cikaso karena berakhirnya fenomena bugeul yang terjadi di daerah Tegalbuleud. Ketika terjadi bugeul, Sungai Cikaso begitu dalam karena air dari sungai tersebut tertahan di muara Cibuni. Penyebab air sungai tak bisa mengalir ke laut yaitu terhalang pasir di pesisir pantai di kawasan Tegalbuleud.

Bugeul berakhir setelah warga menjebol pasir yang mengalangi aliran air di muara Cibuni.

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE. com - Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Hendar Darsono membagikan ratusan paket sembako kepada warga Kampung Cibolang RT 33/07, Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Rabu...

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari tempo.co, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran agar pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah dengan status pembatasan sosial berskala...

SUKABUMIUPDATE.com - KNPI Kecamatan Surade, Komunitas Brutalla, Jampang Peduli (Jampe) dan para relawan di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi melaksanakan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer serta masker.  Selama dua minggu dilaksanakan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama pandemi virus corona, masyarakat diwajibkan untuk berdiam di rumah. Dilansir dari tempo.co, hal yang sama pun berlaku bagi pasangan suami istri. Sayangnya, kebersamaan yang ditambah dengan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya