Menu

27 Sep 2019, 19:03 WIB

Video: Tak Mau Dibungkam! Liga Jurnalis Sukabumi Minta Polisi Taat Aturan

SUKABUMIUPDATE.com - Liga Jurnalis Sukabumi Jumat siang ini (27/9/2019), menggelar aksi soliditas mengencam tindak kekerasaan yang dilakukan aparat keamanan dalam sejumlah unjuk rasa mahasiswa dan pelajar di Indonesia. Tak hanya represif ke demonstran, petugas juga melakukan tindak kekerasan dan persekusi kepada jurnalis yang bertugas meliput aksi-aksi tersebut.

 “Intinya kita mengecam tindakan represif ini, pers dibungkam saat meliput elemen bangsa yang mengkritik penguasa. Kita bekerja dengan aturan, ada UU Pers Nomor 40 tahun 1999 yang seharusnya dipahami oleh pemerintah melalui aparat keamanan. Kita tidak ingin ini terus terulang,” jelas Panji Aprianto, kordinator aksi Liga Jurnalis Sukabumi (LJS).

Untuk itu LJS akan menggelar aksi simpatik di sekitar tugu adipura Kota Sukabumi. Menurut Panji selain teatrikan tutup mulut sebagai simbol pembukaman terhadap demokrasi dan media massa, akan ada bagi-bagi draf UU Pers Nomor 40 tahun 1999 kepada masyarakat dan unsur pemerintah serta aparat keamanan.

Selain itu, LJS juga menyoroti 10 pasal dalam RUU KUHP yang dinilai akan mengekang kebebasan pers sebagai bentuk kemunduran demokrasi di Indonesia. Terutama pasal pasal karet yang kekinian menjerat aktivis pers dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Dandhy Laksono atas status tentang kondisi Papua yang dituliskannya di laman media sosial.

“Aksinya Insya Allah usai sholat Jumat sekitar pukul 13.00 WIB. Estimasi jumlah massa 50 orang kurang lebih,” sambung Panji.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  MotoGP Jepang tahun ini telah menjadi seri keenam yang secara resmi dibatalkan. Mulanya balapan di Sirkuit Motegi akan diadakan pada 18 Oktober, antara Thailand GP dan Malaysian...

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah merasa kehilangan motivasi tentang pekerjaan Anda, lalu tak dapat menyelesaikannya dengan baik? Mungkin sekarang saatnya Anda mengganti pekerjaan.  Karier saat ini mungkin memberi Anda gaji yang layak,...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki Juni 2020, sejumlah drama Korea baru siap hadir menyapa penonton. Tentunya menawarkan berbagai genre dan cerita menarik. Bukan hanya dari plotnya saja, tapi drama Korea yang bakal...

SUKABUMIUPDATE.com - Alat bantu pernapasan, ventilator, selalu menghantui pasien Covid-19. Sudah luas diketahui  virus corona  2019 bisa memicu badai sitokin  penyebab peradangan parah di paru-paru hingga si empunya organ...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya