Menu

28 Apr 2019, 10:37 WIB

Video: Dipercaya Bikin Tahan Lama, Pepes Sarang Lebah Banyak Diburu Kaum Adam

SUKABUMIUPDATE.com - Bosankah Anda dengan menu makanan yang biasa-biasa saja? Jika Anda menginginkan makanan yang tidak biasa, Anda bisa mencoba makanan ekstrim, yaitu pepes sarang lebah atau masyarakat Pajampangan Sukabumi biasa menyebutnya Pais Odeng.

Kudapaan ini serupa dengan pepes, namun isinya berupa sarang tawon yang dipadukan dengan bumbu rempah. Bahkan pepes sarang tawon ini di percaya akan menambah kejantanan bagi pria yang memiliki masalah sexual, sehingga banyak diburu kaum adam.

Tak heran jika Ipah (43 tahun) pemilik rumah makan di Puncak Buluh perbatasan Kecamatan Lengkong dan Jampang Kulon ini berinisiatif membuat penganan langka tersebut.

Menurut Ipah, untuk membuat pais odeng ini terbilang mudah. Pertama siapkan satu papan sarang tawon (lebah), lalu parut 1/2 butir kelapa muda. Kemudian untuk bumbunya siapkan tiga buah cabe rawit, lima buah bawang merah, dua siung bawang putih, dua lembar daun jeruk, kunyit, jahe, kencur, mata asam jawa, satu sdt ketumbar, satu sdt gula merah, dan garam secukupnya.

Untuk satu buah pepes sarang lebah atau pais odeng ini, Ipah menjualnya dengan harga Rp 10 ribu saja. Sangat murah untuk sebuah barang langka penambah stamina ini. Pais odeng ini memiliki rasa yang khas, kandungan protein yang tinggi sangat mirip dengan tekstur buah anggur, kenyal dan berair ketika digigit.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah dari populasi Indonesia diperkirakan akan terinfeksi virus corona di Indonesia jika tak kunjung diberlakukan lockdown. Dilansir dari suara.com, hingga Jumat (27/3/2020), tercatat ada 893 kasus virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi merilis data lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Sabtu (28/3/2020). Tercatat ODP yang sehari sebelumnya berjumlah 202 orang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dilansir dari suara.com, dalam pernyataan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (28/3/2020). Akibatnya, belasan rumah porak-poranda. Atap berterbangan dan pohon tumbang di Kampung Pasisangan RT 18/05 Desa Pondokkaso...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya