Menu

Kamis, 28 Maret 2019, 17:23 WIB

Video: Bocah Difabel Pengrajin Anyaman Bambu yang Ingin Sekolah

SUKABUMIUPDATE.com - Ajang (15 tahun) bungsu dari tiga bersaudara ini memiliki kekurangan fisik pada bagian kakinya. Meskipun Difabel, Ajang ingin sekali bisa baca tulis.

Sehari-hari, anak pasangan suami istri Kakat (52 tahun) dengan Yayam (54 tahun) ini mengisi waktu dengan membuat barang-barang anyaman bambu  seperti hihid (kipas), boboko (bakul nasi), aseupan (tempat menanak nasi) dan ayakan (saringan) di rumahnya di Kampung Cipondok RT 05/02, Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

"Hampir satu tahun dia membuat kerajinan anyaman dari bambu seperti asepan,boboko dan ayakan, kegiatan tersebut hanya sekedar untuk mengisi waktunya," kata ibu kandung Ajang, Yayam.

Keinginan Ajang untuk menuntut ilmu terkendala jauhnya jarak sekolah dengan rumahnya sekitar 6 kilometer. Sedangkan dengan kondisi kakinya itu Ajang bergerak dengan cara merangkak.

Sementara itu Ajang menuturkan keinginannya untuk sekolah karena ingin bisa membaca dan menulis. Ia pun sadar dengan kondisinya maka dari itu kalau sekolah tidak memungkinkan dia memilih untuk menggeluti kerajinan perabotan rumah berbahan bambu itu.

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Program Sabang Merauke (Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali) mencoba untuk menanamkan nilai tambah, pendidikan, dan kenegaraan. Program yang digagas oleh Ayu Kartika Dewi, Aichiro Suryo, dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar workshop konseling KB pasca persalinan kepada puluhan tenaga kesehatan tingkat puskesmas se Kabupaten Sukabumi, di Hotel Selabintana. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari,...

SUKABUMIUPDATE.com  - Anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Kamrussamad, mengakui selama dua minggu ini wacana dan pemikiran mengenai pilkada dikembalikan ke DPRD kembali menyeruak. “Apalagi terkait Pilkada Serentak tak...

SUKABUMIUPDATE.com  - Bagi beberapa perempuan, masa hamil dapat membuat wajah berjerawat. Bahkan pada masa tertentu jerawat tersebut terlihat sangat parah. Kondisi ini tentu saja berkaitan dengan hormon yang membuat wajah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya