Menu

25 Mar 2019, 11:38 WIB

Video: Lukisan Ukir Pemuda Sukabumi Tembus China hingga Jerman

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia kaya dengan berbagai budaya. Apalagi kesenian dan kerajinan tangannya sulit tertandingi oleh kebudayaan lain. Salah satunya kerajinan tangan lukisan ukir yang berbahan baku dari bambu hitam.

Bambu hitam memang kerap dibuat berbagai keterampilan dan kesenian, seperti bilik rumah dengan corak mata wali dan alat musik calung. Namun berkat keterampilan tangan Deni Firmansyah (30 tahun), warga Kampung Cisonggom, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, bambu hitam diukir menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Proses pembuatannya, kata Deni lumayan cukup rumit, mulai dari mengambil bambu, memotong hingga mengukir dengan menggunakan alat pisau kecil dan memakan waktu hingga satu minggu untuk satu lukisan ukir.

Deni mengaku hasil ukiran bambu hitamnnya tersebut, pernah mewakili Kabupaten Sukabumi ke salah satu pameran di acara Anugrah Pelestarian Kriya Jawa Barat pada 7 - 9 September 2018, di Taman Mini Jakarta.

Setiap satu lukisan ukir hasil karyanya, Deni mematok harga mulai dari Rp 50 ribu, hingga ratusan ribu rupiah. Deni hanya memasarkan hasil karyanya itu melalui jejaring media sosial.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ferrari mendapat peringatan dari federasi otomotif internasional, FIA, karena kedapatan melanggar protokol kesehatan seusai penyelenggaraan Grand Prix Austria akhir pekan lalu. Dilansir dari tempo.co, pebalap Ferrari Charles...

SUKABUMIUPDATE.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi memastikan tidak ada intruksi penghentikan pelayanan untuk warga yang ingin mengakses Jaminan Persalinan (Jampersal) di semua mitra fasilitas kesehatan. Surat Dinkes soal penghentian...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Bojongjengkol Dadan Sutisna, angkat bicara terkait persoalan si gadis pelukis asal Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Feby Ayu Rianti (17 tahun) dengan ibu kandungnya Yani. Dadan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menghukum inkumben yang menggunakan program penanganan pandemi Covid-19 untuk pencitraan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya