Menu

08 Mar 2019, 13:23 WIB

Video: Caringin Kurung, Tempat Keramat di Jampang Kulon Sukabumi Banyak Dikunjungi Caleg

SUKABUMIUPDATE.com - Tanah Jampang memiliki banyak tempat bersejarah, mistis, yang sering dikunjungi hingga saat ini. Masyarakat datang dengan berbagai tujuan.

 

Terlepas dari itu semua, sebagian masyarakat Pajampangan menganggapnya sebagai adat istiadat. Dari pengamatan sukabumiupdate.com, tempat yang banyak dikunjungi salah satunya adalah Caringin Kurung. Lokasinya di Kampung Cikuya, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.

 

Berbentuk Goa, letaknya tak jauh dari tempat wisata Puncak Buluh. Caringin Kurung merupakan salah satu tempat yang cukup melegenda, dipercaya sebagai salah satu tempat yang bagus untuk bersemedi. Terlebih dalam tahun politik seperti saat ini, Caringin Kurung menjadi lokasi yang sering dikunjungi para Calon Anggota Legislatif (Caleg).

 

Juru Kunci Caringin Kurung, Abah Usup (68 tahun), membenarkan jika tempat ini seringkali dikunjungi beberapa caleg dan bahkan para pejabat sedang yang terlilit masalah.

Ia meyakinkan ritual dikerjakan tidak keluar dari ajaran agama islam. Hanya goa yang mereka pakai adalah tempat yang sakral, bersih dan hening, sehingga para pengunjung dapat dengan khusu meminta pada Allah. Abah Usup tak segan mengusir tamu jika mereka melakukan tata cara berdoa menyimpang, apalagi berniat mengotori lingkungan goa.

 

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Uni Emirat Arab atau UEA menetapkan nama Presiden Joko Widodo sebagai nama jalan di Abu Dhabi pada 19 Oktober 2020. Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo alias President...

SUKABUMIUPDATE.com - Kampanye tatap muka masih menjadi pilihan dan banyak dilakukan oleh para pasangan calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi pada Pilkada Serentak 2020.  Hal itu diungkapkan Komisioner Badan Pengawas...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 10.587 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal aksi demonstrasi sau tahun pemerintahan Jokowi Maruf, buruh dan mahasiswa dengan mengusung isu tetap menolak Undang-Undang Omnibus Law - Cipta...

SUKABUMIUPDATE. com - Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non-PNS di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu, sejak Senin (20/10/2020) kemarin melakukan kerja dari rumah atau Work...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya