Detail Persiapan Pembelajaran Tatap Muka SMP, SD, TK, dan PAUD di Kota Sukabumi

Minggu 23 Agustus 2020, 01:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk mengantisipasi konsekuensi negatif dari pembelajaran jarak jauh/online selama Pandemi Covid-19, pemerintah mengimpelementasikan dua kebijakan baru. Pertama, kebijakan kurikulum dalam kondisi khusus (darurat). Kedua, perluasan izin pembelajaran tatap muka di zona kuning, di mana tadinya hanya boleh dilaksanakan di daerah zona hijau Covid-19.

Bagaimana dengan Kota Sukabumi sebagai daerah zona risiko rendah atau zona kuning? Kapan pelaksanan pembelajaran tatap muka tersebut akan dimulai? Berikut wawancara sukabumiupdate.com dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, dalam acara talkshow Tamu Mang Koko Edisi 22 Agustus 2020.

Sekolah tatap muka sempat akan dibuka di Kota Sukabumi pada tanggal 18 Agustus 2020, namun tidak jadi karena sejumlah alasan yang telah dijelaskan. Apa saja tahapan yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan kembali?

Kota Sukabumi telah melakukan tahapan-tahapan kaitan dengan persiapan sekolah tatap muka di masa Pandemi Covid-19 ini. Tentunya ini semua mengacu kepada SKB Empat Menteri. Nanti kita akan melihat bagaimana persiapan-persiapan sekolah, khususnya yang paling pertama adalah SMA sederajat. Walaupun di dalam perubahan SKB Empat Menteri ini, untuk tiga jenjang dapat dilaksanakan, dan terakhir adalah PAUD. Tapi kita di Kota Sukabumi, Pak Wali Kota menghendaki bertahap untuk SMA dulu sederajat.

Ada berapa SMA sederajat yang telah siap menggelar pembelajaran tatap muka?

Kami sudah mendapatkan ajuan dari Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah V Provinsi Jawa Barat, untuk memohon persetujuan kepada Satuan Tugas Percepatan Penanganan (STPP) Covid-19 Kota Sukabumi kaitan dengan akan dibukanya sekolah tatap muka sebanyak 51 SMA. Kemudian dari Kementerian Agama (Kemenag) juga ada 7 sekolah untuk Madrasah Aliyah (MA). Kemudian Pak Wali Kota melalui STPP Covid-19 Kota Sukabumi membentuk tim verifikasi, yang terdiri dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan stakeholder pendidikan lainnya. Tim tersebut melakukan verifikasi kedua terhadap ajuan dari KCD Wilayah V Provinsi Jawa Barat dan Kemenag.

Berapa sekolah yang lolos verifikasi kedua oleh Tim Verifikasi STPP Covid-19 Kota Sukabumi untuk SMA sederajat?

Hasilnya sudah diajukan. Ada 28 SMA dari lingkungan KCD Wilayah V Provinsi Jawa Barat dan 6 MA dari Kemenag. Jadi dari 58 itu, ada 34 yang layak sesuai SKB Empat Menteri. Kita hanya memberikan persetujuan saja hasil verifikasi di lapangan.

Sudah sampai mana persiapan terhadap sekolah yang lolos verifikasi tahap kedua tersebut?

Pak Wali Kota sudah memberikan surat persetujuan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui KCD Wilayah V Provinsi Jawa Barat dan Kemenag. Nanti izinnya akan diterbitkan masing-masing institusi sesuai kewenangannya. Jadi izinnya datang dari Disdikbud Provinsi Jawa Barat untuk SMA/SMK/SLB-A dan dari Kemenag Kamwil Jawa Barat untuk MA.

Bagaimana dengan persiapan sekolah tatap muka tingkat SMP di Kota Sukabumi?

SMP itu sebetulnya sudah ada yang mengajukan. Pada saat zona hijau kemarin, mereka tetap mengajukan. Ada 10 SMP dan kita sudah verifikasi awal oleh Dinas Pendidikan, terdapat 5 sekolah yang lolos. Kita belum proses melanjutkan keTPP Covid-19 Kota Sukabumi. Setelah SMA mau mulai dan kita hitung dalam tiga kali masa inkubasi, baru mulai SMP.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai bagaimana persiapan pembelajaran tatap muka di Kota Sukabumi, silakan cek di video talkshow Tamu Mang Koko Edisi 22 Agustus 2020.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist