Menu

Minggu, 28 Juli 2019, 09:00 WIB

Rahasia 28 Tahun Berkah Baru Eksis di Sukabumi di Tengah Persaingan Bisnis Ritel

Rhasmalajaya | Sumber Foto:Yusuf Tauziri

SUKABUMIUPDATE.com - Tak terasa sudah 28 tahun Berkah Baru Toserba melayani masyarakat Sukabumi. Perjalanan usaha yang begitu panjang ini merupakan komitmen Berkah Baru untuk setia memenuhi kebutuhan konsumen, sesuai motto Berkah Baru sekali melangkah, segala kebutuhan terjawab sudah.

Diusianya yang ke-28 tahun bagaimana upaya Berkah Baru Toserba mewujudkan kepuasan pelanggan serta strategi seperti apa melawan persaingan perusahaan ritel di Sukabumi, Simak wawancara Rhasmalajaya, Marketing Berkah Baru.

Bagaimana sejarah memulai usaha Berkah Baru Toserba ini?

Jadi kalau dari sejarah Berkah Baru sendiri, kita flashback ke belakang sebelum ada Berkah Baru, owner kami mendirikan sebuah usaha grosir dan tekstil. Sebelum akhirnya di tahun 1992 mendirikan swalayan, Berkah Baru ini sebagai pelopor swalayan di Sukabumi.

Saat ini ada berapa cabang Berkah Baru Toserba?

Kita ada delapan cabang. Pusat di Cibadak, Cicurug, Cisaat, Pangleseran, Warungkiara, Cikembar, Palabuhanratu dan Cidahu. 

Kalau sasaran pelanggan Berkah Baru kalangan apa?

Dulu sampai sekarang semua kalangan dari mulai anak TK sampai ke bapak-bapak ibu-ibu nenek kakek pasti jadi pelanggan kita. Karena di Berkah Baru tersedia semua jenis kebutuhan semua kalangan.

Saat ini toko-toko ritel ini sudah banyak sekali bagaimana Berkah Baru menghadapinya?

Berkah Baru sendiri merasakan banget head to head (dengan toko retail lain). Terus apa yang menjadi keunggulan dan bisa bertahan sampai 28 tahun itu salah satunya kita punya costumer yang solid pastinya dan harga kita murah. Kalau bisa membanggakan diri, bisa kita bilang ritel termurah tuh kita. Yang bedain Berkah Baru dengan ritel lain dari harga aja. Saya berani jamin Berkah Baru berani beda. Kalau sekilas aja kita lihat Berkah Baru memang tak ada bedanya (dengan ritel lain) tapi begitu masuk, disitu baru merasakan perbedaan. Kalau di kompetitor harganya misalkan seribu di Berkah Baru bisa di bawah itu. 

Di tengah persaingan retail bagaimana perkembangan usaha Berkah Baru?

Karena persaingan itu mau tidak mau bagaimana nih caranya kita terus berkembang.

Cara memelihara ikatan Berkah Baru dengan costumer seperti apa?

Selain murah, kita juga setiap bulan mengadakan promo-promo. Jadi sudah murah terus dapat promo lagi. Selain itu ada event-event tertentu. Itu salah satu andalan menjalin hubungan dengan costumer.

Kalau jalinan kerja Berkah Baru dengan siapa saja?

Berkah Baru menjalin kerja sama dengan beberapa koperasi di Sukabumi. Kita suplai barang juga. 

Dalam waktu dekat ini di puncak hari jadi ke-28 ada acara apa?

Kita sudah siapkan spesial untuk costumer kita. Kita siapkan event besar-besaran kalau disebut pesta rakyat nggak, lebih kepada hiburan saja. Eventnya kita laksanakan minggu depan, 4 Agustus di Lapang Sekarwangi Cibadak. Event utamanya kita laksanain jalan santai. Jadi pada dasarnya gak bayar. Gimana cara dapatin tiketnya bisa datang ke Berkah Baru Toserba. Kalau di wilayah Kota Sukabumi di kantor sukabumiupdate.com.

Sebelum puncak acara, ada event apa lagi? 

Sebetulnya kita ada dua acara sekarang sedang berjalan di toko yaitu kupon undian belanja. Jadi setiap belanja Rp 50 ribu di cabang kami itu dapat satu kupon undian berlaku kelipatan. Misalkan belanja Rp 200 ribu dapat empat kupon. Berarti dapat kesempatan hadiah yang akan diundi pada tanggal 4 Agustus nanti. Di tanggal 4 Agutus sendiri seperti yang saya sampaikan di main eventnya ada jalan santai terus ada senam aerobik, ada bazzar. Bazzar ini ada bagi-bagi mie kopi itu gratis. Ada pangkas rambut gratis setelah dipangkas ada hair styling. Ada periksa kesehatan gratis, ada donor darah ada lomba mewarnai usia 4-6 tahun itu kategori A. Kategori B itu ada 7-10 tahun. Untuk lomba ini hadiahnya sepeda. Hiburannya dangdut. Hadiahnya yah, hadiah grand prize ada satu buah sepeda motor, hadiah lainnya ada kulkas, sepeda, mesin cuci, tv led, ada parsel, goodie bag, setrika, kaos, jam dinding, dispenser, total ada 600 hadiah yang kita bagikan.

Tujuan event ini apa?

Ucapan rasa terima kasih kita Berkah Baru 28 tahun berdiri. Terima kasihnya kami kepada costumer setia kami makanya kita adakan event ini yang memang benar-benar untuk costumer dan belum menjadi costumer kami.

Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan bahwa ancaman hukuman mati kepada koruptor sudah diatur di dalam undang-undang. Namun, hukuman itu tak pernah diterapkan. "Undang-undangnya sekarang ada. Yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kesibukan membuat Anda susah menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan. Sehingga tidak jarang perayaan hari penting pun sering terlewatkan. Bagi pasangan, ulang tahun pernikahan adalah hari yang istimewa....

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur cukup bisa menjadi jawaban untuk sebagian besar masalah fisik atau mental. Namun, ada garis tipis antara tidur dengan jumlah waktu yang tepat untuk tidur berlebihan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah terus berupaya mendorong penggunaan bahan bakar ramah lingkungan, yakni melalui green fuel (B100) yang merupakan campuran solar dengan produk turunan minyak kelapa sawit (CPO). Direktur Bioenergi Kementerian...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya