Gotong-royong Merawat Alam dan Peduli Sesama

Sabtu 15 Desember 2018, 23:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Beni Bunyamin (51 tahun) atau lebih akrab di sapa Babap, adalah salah satu aktivis lingkungan juga sosial dari Pajampangan, Kabupaten Sukabumi. Pria yang juga berprofesi sebagai guru PNS di SMA Negeri 1 Ciracap, Kabupaten Sukabumi ini menjadi penggerak dalam sejumlah aksi peduli lingkungan dan sosial.

Nama Beni cukup dikenal masyarakat sebagai penggerak dalam kegitan penghijauan di sepanjang Jalan Surade-Ujunggenteng 2008 lalu. Lulusan program studi Sejarah di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung ini pun aktif di kegiatan sosial bedah rumah Pajampangan.

Tak tanggung-tanggung, Beni bersama tim Semut Ibrahim, menargetkan perbaikan 99 rumah yang dihuni warga jompo. Meski baru 18 rumah warga jompo yang berhasil di bedah, Ia optimis target bisa tercapai. Semut Ibrahim adalah salah satu divisi dari ekstrakulikuler Komunitas Pencinta Alam SMAN 1 Ciracap (Kompasmanic). Divisi yang konsen terhadap gerakan peduli sosial.

Di luar itu, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan peduli sosial dan lingkungan yang sudah dilakukan Beni. Lalu bagaimana sebenarnya Ia dapat konsern terhadap gerakan lingkungan dan sosial, berikut hasil wawancara sukabumiupdate.com bersama Babap.

1. Sejak kapan Babap terjun dalam kegiatan lingkungan hidup?

Pada tahun 1998 saya ditugaskan di Pajampangan ini. Waktu itu kegiatan pertama saya di luar mengajar adalah menjadi kader konservasi.

Konservasi Penyu Hijau adalah kegiatan pertama saya. Dasarnya waktu kuliah dulu saya juga aktif di kelompok pecinta alam Marga Sopana IKIP Bandung.

2. Menurut Babap, kenapa kita harus menjaga lingkungan?

Menjaga ekosistem dan lingkungan hidup itu penting untuk kelangsungan hidup kita sebagai mahluk. Dan pohon sebagai penghasil oksigen itu wajib kita rawat. Selain itu Agama juga mengajarkan agar kita dapat merawat alam.

3. Kenapa kegiatan bedah rumah menjadi pilihan Babap bersama Semut Ibrahim saat ini, selain penghijauan?

Saya sebagai tenaga pengajar menerapkan 4 BM pada anak anak didik saya. Yakni belajar melihat, belaja mendengar, belajar melakukan.

Ini lah cara kita menjaga tanah Pajampangan dari murka Tuhan. Orang-orang jompo dan dhuafa adalah kekasih Allah. Makanya orang jompo dan dhuafa ini kita rawat dan bantu.

Meski kita tidak tahu dari mana pertolongan, namun jalannya selalu ada.

4. Dalam setiap kegiatan sosial, anak-anak didik Babap di Semut Ibrahim selalu dilibatkan dan mereka antusias. Seperti apa Babap memberi mereka pemahaman soal kegiatan-kegiatan sosial ini?

Saya memberi pemahaman pada anak - anak tentang pentingnya gotong royong sebagai plasma nutfah kehidupan. Makanya anak-anak Semut Ibrahim tak pernah meminta pamrih dan membantu sepenuh hati. Karena kami sebenarnya menumbuhkan kembali semangat gotong-royong dalam kehidupan masyarakat.

5. Apa sebenarnya tujuan kegiatan Babap dan Semut Ibrahim?

Hablum minal Alam, hablum Minannas , dan hablum minallah. Ketika kita tidak ramah dengan alam, maka alam pun tak akan ramah dengan kita. Ke tiga unsur itu tidak bisa lepas, karena akan saling keterkaitan.

6. Sebagai PNS bagaimana cara Babap mengatur waktu dengan kegiatan-kegiatan sosial yang Babap jalani?

Anggap saja kita Avatar, kita harus bisa menjadi pengatur waktu. Manusia tanpa pagar, tidak ada sekat yang mengaturnya. Berbuat baik pada sesama dan alam bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Manusia bisa menjadi perusak alam, namun manusia juga sebagai penyelamat alam.

7. Siapa saja yang bisa bergabung dalam kegiatan sosial dan lingkungan ini? apakah hanya anak sekolah atau masyarakat umum pun bisa?

Hanya orang kaya. Dalam artian orang yang memiliki kekayaan waktu sumbangkan waktu dan tenagamu. Orang yang kaya pikiran silahkan sumbangkan pikiranmu, dan orang yang kaya harta silahkan sumbangkan hartamu.

Jika tidak punya apa-apa mati saja kau. Maksudnya mati secara rasa, karena pada dasarnya semua orang itu bisa membantu sesamanya. Makanya para aktivis itu sebenarnya juga orang kaya, namun kekayaan ini jangan dikerdilkan dalam bentuk materi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel
Life28 Maret 2024, 14:34 WIB

5 Alasan Posisi Tidur Telentang Bikin Awet Muda Menurut Kesehatan

Posisi tidur dengan gaya telentang bisa membuat awet muda pada wajah. Maka dari itu, yuk coba membiasakan diri tidur dengan posisi telentang.
Ilustrasi. Posisi tidur telentang bikin awet muda. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat28 Maret 2024, 14:30 WIB

Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berikut ini berbagai air rebusan yang dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi
Ilustrasi - Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu  Turunkan Tekanan Darah (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Food & Travel28 Maret 2024, 14:23 WIB

Manis dan Segar Banget! Intip Resep Es Kolang Kaling Cocopandan Untuk Takjil Puasa Ini

Kolang Kaling merupakan salah satu buah yang sering jadi olahan takjil puasa. Contohnya seperti resep Es Kolang Kaling Cocopandan ini.
Resep minuman manis dan segar, Es Kolang Kaling Cocopandan | Foto :  YouTube / Frisian Flag Indonesia
Sukabumi28 Maret 2024, 14:12 WIB

Paripurna DPRD: Bahas LKPJ Bupati Sukabumi 2023 dan Rencana Pembangunan Daerah

LKPJ yang disampaikan merupakan laporan penyelenggaraan urusan pemerintahan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2023 pada Rapat Paripurna DPRD di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Palabuhanratu, Kamis (28/3/2024). | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Sehat28 Maret 2024, 14:00 WIB

Mengenail Gamaphobia: Ketakutan untuk Menikah dan Berkomitmen dengan Seseorang

Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan.
Ilustrasi - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan. (Sumber : Pixabay.com/@trx555)