Mimpi Bersama Anak Muda Selatan Sukabumi Demi Pajampangan

Jumat 26 Oktober 2018, 23:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Sejumlah anak muda dari wilayah selatan Kabupaten Sukabumi mewujudkan mimpi untuk mengangkat derajat masyarakatnya melalui seni dan budaya. Anak muda inipun menggelar event kolosal besar bertajuk Rampak Pajampangan yang dipusatkan di Lapangan Tegallegok, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Beragam atraksi ditampilkan, di event yang berlangsung selama tiga hari mulai Jumat (26/10/2018). Tak Hanya atraksi seni dan budaya, event ini juga akan menampilkan banyak hasil tangan kreatif warga Pajampangan yang selama ini berjuang dalam ruang usaha kecil menengah.

Redaksi sukabumiupdate.com, berkesempatan ngobrol santai dengan ketua event kolosal rampak pajampangan, Derry Muziantara disela kesibukan pada pembukaan acara ini. Pria kelahiran tahun 1979 ini dipercaya sebagai pimpinan anak muda kreatif yang berada dibelakang acara seni dan budaya Rampak Pajampangan.

Berikut petikan wawancaranya;

Sebenarnya apa latar belakang dan pemikiran dibalik Rampak Pajampangan?

Sangat sederhana kita hanya berpikir bagimana menciptakan kekompakan dan memperkuat silahturahmi potensi Pajampangan, dengan memunculkan kearipan lokal, budaya seni dan ekonomi.

Siapa saja sih yang terlibat disini?

Banyak, mereka adalah anak anak muda asli dari wilayah Pajampangan yang kreatif dan memiliki semangat tinggi untuk memajukan wilayah dan masyarakatnya. Tidak bisa disebutkan satu persatu, tapi panitia acara ini asli anak muda Pajampangan

Lalu apa isi dan konsep event dari Rampak Pajampangan?

Isinya adalah banyak atraksi seni dan budaya. Tak hanya itu kami juga berupaya menampilkan hasil karya ekonomi warga Pajampangan. Untuk aksi massanya adalah nikeh layet atau jalan santai, dan banyak lagi, termasuk pemilihan mojang jajaka Pajampangan. 

Bisa berbagi kisah perjalanan hingga acara ini bisa digelar, infonya kurang dapat perhatian Pemda?

Dari awal sangat prihatin,sebuah perjalanan yang menyedihkan sebetulnya. Karena ini murni dari keinginan dan semangat bukan dari program yang sudah ada dananya. Panitia tidak  mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah. Mudah mudahan kesuksesan kami menggelar Rampak Pajampangan ini bisa menjadi bukti agar dapat perhatian yang lebih kedepan dari pemerintah.

Apakah acara ini akan berlanjut tahun depan? Dan apa harapannya?

Harapannya tetep terus harus dipelihara dan mudah mudahan seni pajampangan ini menjadi ciri khas yang nantinya akan mendatangkan perbaikan ekonomi warga melalui wisata. Dan bisa menyumbang pendapatan asli daerah Kabupaten Sukabumi. Ditahun yang akan datang kami bermimpi bisa menggelar lebih luas khususnya pelibatasan semua unsur di wilayah Pajampangan.

Kenapa tidak disatukan dengan festival geopark ciletuh yang digagas pemerintah? 

Ini murni masyarakat Pajampangan yang ingin bikin event. Kami berharap justru yang dari geopark itu bisa nantinya bisa di transpormasikan ke acara ini. Rampak pajampangan menjadi salah satu event Ciletuh Geopark Festival, ataupun acara lainnya.

Kenapa hanya Pajampangan? Tidak melibatkan yang lain

Pajampangan itu kan batasnya sungai Cimandiri, sampai Simpenan. Jadi daerah itu yang memang kita libatkan supaya nantinya ikut merasakan rampaknya. Dari budaya, seni dan ekonominya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)