Erwin Buka-bukaan Soal Penyu Selatan, Klub Kebanggaan Orang Sukabumi

Minggu 24 September 2017, 10:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Persatuan Sepakbola Indonesia Kabupaten Sukabumi (Persikabumi), memang menjadi salah satu klub sepakbola yang seharusnya menjadi kebanggan bagi warga Sukabumi, secara keseluruhan.

Apakah Anda, sebagai warga Sukabumi, tahu perkembangannya sekarang?

Dari naik turunnya prestasi yang diraih Penyu Selatan (Julukan Persikabumi) ini, sukabumiupdate.com berkesempatan mewawancarai Ketua Persikabumi, Erwin Rusdiansyah, baru-baru ini.

Erwin, sapaan akrabnya yang kini tinggal di Kampung Nagrak, Desa Nagrak Selatan, Kecamatan Nagrak ini mempunyai keinginan besar untuk meningkatkan prestasi Persikabumi, menjadi lebih baik.

Selain itu, Erwin juga berusaha merubah birokrasi kepengurusan Persikabumi yang lebih kompeten, dalam meningkatkan mutu dan kualitas klub kebanggaan masyarakat Sukabumi ini.

Berikut petikan wawancara sukabumiupdate.com bersama Ketua Persikabumi, Erwin Rusdiansyah, dalam salah satu kesempatan:

Bagaimana kondisi Persikabumi sekarang?

Kita lihat dulu ke belakang, saat dibekukannya liga oleh PSSI. Semua, klub hampir tidak berjalan, berarti dibawah juga tidak berjalan, termasuk Persikabumi. Tapi, kalau ada keinginan dari pengurus yang dulu berjalan, kompetisi internal Persikabumi pun pastinya akan berjalan. Sekarang formatnya dirubah menjadi liga I, liga II, dan liga III, serta menjadi sebuah tantangan baru. Sekarang, reformasi birokrasi di Persikabumi sedang saya rubah total, untuk Persikabumi menghadapi momen, seperti liga III kemarin. Karena melihat liga III kemarin, semua stakeholder ternyata tidak ada kesiapan dan sistem tidak berjalan. Tidak bisa menjalankan fungi kepengurusan. Kemudian tidak ada kompetisi internal bergulir yang diadakan persikabumi untuk merekrut pemain. Intinya, kami sedang berbenah di semua sudut klub Peraikabumi.

Liga III bergulir kemarin, bagaimana melihat perkembangannya?

Nah, kemarin pun persiapan di liga III hanya dua minggu. Karena apa? Kita menghindarkan, jangan sampai terdegradasi ke liga IV. Terakhir klasmen liga III main di Subang, kita peringkat ketiga, dan tidak lolos ke 16 besar. Sebenarnya, Persikabumi memiliki harapan besar, karena dulu di tahun 2011-2012 sudah berada di liga II, cuma karena tidak ada kesiapan yang maksimal, kita kembali ke liga III.

Apa program kedepan Persikabumi?

Memang semua mengharapkan yang terbaik. Tapi, program kedepan sebelum memasuki wilayah liga III, kita persiapkan dan gulirkan dulu turnamen internal Persikabumi. Di sana potensi akan terlihat, dan bibit-bibit unggul yang ada dari klub yang ikut kompetisi internal akan kita seleksi. Semoga menjadi titik awal kebangkitan Persikabumi. Potensi pemain di Sukabumi, tidak kurang, pemain mempunyai skill yang baik di semua lini, dan selalu mempuyai  bibit pemain yang luar biasa. Karena semua mempunyai basic yang cukup kuat. Saya sudah komunikasi dengan klub di liga I, dan II, sangat mengapresiasi sekali Persikabumi. Sebenarnya, banyak pemain muda berbakat yang lahir di Sukabumi, dan pada akhirnya saya yakin, Persikabumi bisa ke liga I.

Bagaimana eksistensi Persikabumi di Sukabumi sendiri, secara keseluruhan?

Aduh saya sangat bersyukur, sepanjang sejarah, baru tahun 2017 antusiasme pemain, pendukung, lalu pihak birokrasi daerah juga sangat antusias. Hanya dalam satu bulan, suporter Persikabumi kurang lebih mencapai 10-15 ribuan yang terdaftar di anggota Persepsi, dan Curva Nord (Suporter Persikabumi). Memang sebagian pendukung Persib Bandung, sebagai bobotoh.

Jadi, seperti itu ya?

Iya. Tapi yang fenomenal, pendukung Persikabumi itu bukan hanya orang-orang yang notabene dari bobotoh. The jak mania (pendukung Persija), turut serta membuka baju dan bergabung menjadi suporter Persikabumi. Sebuah hal yang tidak pernah terjadi, semua yang ingin memajukan persikabumi menggabungkan disatu wadah, yaitu suporter Persepsi, Sukabumi Fan, dan Curva Nord. Nah ini yang sangat terharu, saat launching Persikabumi pun semua dibiayai oleh mereka (suporter- red). Mulai dari persiapan dan surat menyurat, mereka yang mengurus. Kami tidak mengeluarkan sepeserpun biaya. Para suporter menjadi sumbangsih terbesar bagi Persikabumi, ketika kami sekarang sedang berbenah, merevormasi, dan membangun kembali untuk  Persikabumi lebih baik.

Apakah mempunyai hubungan baik dengan suporter?

Iya tentu saja, kami menjalin hubungan yang baik dan komunikasi yang intens terhadap para suporter. Ketika ada beberapa lawan, contohnya waktu kemarin ke Subang, para suporter datang menggunakan beberapa bus. Kami juga terjalin silaturahmi, kumpul bareng, dan duduk bersama, merumuskan program kedepan dengan para suporter, menuju Persikabumi lebih baik.

Apakah pemain Persikabumi memiliki profesi ganda?

Iya, Pemain Persikabumi ada yang berprofesi sebagai guru, dan pelajar. Tapi didominasi oleh pelajar 70 persennya.

Apakah ada keinginan untuk merekrut pemain asing?

Kita melihat peluang kedepan. Jika dana memadai, dan potensi di Sukabumi sendiri mengkhawatirkan, bisa menjadi pertimbangkan. Tapi, untuk liga III cukup menggunakan pemain lokal. Karena di liga III tidak cukup dibutuhkan dan tidak ada regulasi juga untuk pemain asing.

Apa perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) ke Persikabumi?

Sebenarnya begini, pemerintah ini wait and see. Ketika ada pergerakan, dan ada sebuah perguliran untuk memajukan, pasti mau memperhatikan Persikabumi. Ketika kemarin juga audiensi bersama bupati, Kadispora, dan jajarannya secara terbuka, mereka memberikan sumbangsih yang luar biasa. Walaupun, kita berbenah, hanya dua minggu dalam menghadapi liga III kemarin. Apalagi, kalau kita membuka diri, dan banyak komunikasi dengan para birokrasi, saya yakin, mereka Insya Allah akan membantu lebih. Saya harap, mudah-mudahan mereka membuka seluas-luasnya, anggaran kepada Persikabumi untuk meningkatkan prestasi.

Bagaimana kedepannya Persikabumi mendapatkan sokongan dana?

Kami sedang membuat proposal, serta membangun komitmen, dengan pihak sponsor, dan perusahaan. Mereka sepertinya siap, tinggal dikomunikasikan dalam fakta integritas. Dari liga III yang bergulir kemarin, dana yang didapat, 30 persennya dari Pemda Kabupaten Sukabumi, dan para donatur. Sedangkan 70 persennya dari biaya saya pribadi.

Sekarang, homebase Persikabumi berada di mana?

Untuk saat ini, kami belum menentukan tempat yang ideal, dan masih mencari. Dan kami juga harus menata kembali semua. Terdekat ini, kami akan mengadakan musyarawah kabupaten untuk merumuskan hal tersebut.

Sebagai Ketua Persikabumi, apa harapan Anda kedepannya?

Saya dari dulu memiliki keinginan, sebuah sepakbola Sukabumi yang maju dan modern. Kalo berkutat dari persoalan dana, tidak akan maju terus. Memberikan saya pribadi berkontribusi semampu saya. Dana saya keluarkan dari kantong pribadi, melihat sukabumi menuju lebih baik, pihak sponsor pun dan Pemda akan tergerak untuk bersama-sama memajukan Persikabumi. Pribadi, saya ingin ada sebuah kebersamaan soliditas di dalam kepengurusan Persikabumi sendiri. Jangan sampai terpecah-belah oleh hal-hal yang berbau politik. Yang jelas, saya ingin membangun Persikabumi yang lebih modern. Saya menginginkan ada sebuah perubahan dan repormasi total di tubuh Persikabumi, dalam hal apapun, dan tidak mau yang masih mementingkan keuntungan pribadi. Contohnya berurusan dengan sponsor, tapi masuk ke kantong pribadi, saya tidak mau.  Sekarang, saya akan mulai rubah semuanya. Semua anggaran, biaya, akan transparan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99