KITA Bandar Lampung Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Tengah Pandemi

Selasa 27 Oktober 2020, 01:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) Bandar Lampung mendeklarasikan kepengurusannya di Asrama LKP Doa Bangsa, Bandar Lampung.

Deklarasi yang dilaksanakan Senin (26/10/2020), dihadiri secara langsung oleh ketua majelis hikmah Darmaji dan ketua KITA Bandar Lampung Faiz Daiman, bersama jajaran pengurus yang baru dibentuknya. Sementara itu pengurus KITA Pusat, Kyai Maman Imanul Haq, Bapak Ayep Zaki, Ibu Camellia, Bapak Taufik Rahzen, dan pengurus lainnya menyaksikan secara virtual.

Ketua majelis hikmah Bandar Lampung, Darmaji menjelaskan bahwa KITA Bandar Lampung hadir sebagai koalisi independen masyarakat Bandar Lampung yang diharapkan akan menjadi wadah kegiatan untuk mempererat rasa saling hormat menghormati, saling mensejahterakan dan saling menghambur kasih sayang bagi seluruh masyarakat Bandar Lampung, khususnya yang mendambakan kebersamaan sebagai sesama warga Negara Indonesia.

Disamping itu, Ketua KITA Bandar Lampung Faiz Daiman, menyampaikan bahwa Kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum menentu kapan berakhirnya akan berdampak pada kekhawatiran para petani terhadap harga jual hasil panen, sementara kebutuhan-kebutuhan ekonomi rumah tangga yang terus meningkat. 

Menurut Faiz, kondisi seperti ini tentu akan sangat rawan menimbulkan perpecahan, gesekan dan perselisihan dikalangan masyarakat. "Maka dalam kondisi saat ini KITA Bandar Lampung hadir untuk bersama- sama, bahu membahu dengan masyarakat Bandar Lampung pada umumnya untuk menciptakan berbagai solusi permasalahan ekonomi utamanya pada sektor pertanian," jelasnya.

Menurut Faiz, para Petani saat ini sudah saatnya kembali diarahkan kepada intensifikasi sehingga dapat mengoptimalkan hasil panen serta bukan lagi fokus terhadap penjualan hasil panen tapi mampu mengolah hasil panennya menjadi produk yang bernilai jual. "Sehingga mampu menciptakan lapangan kerja berupa pendirian Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kreatif dan inovatif yang seiring sejalan dengan program - program dan bersinergi dengan pemerintah," jelasnya.

Faiz memaparkan, KITA Bandar Lampung saat ini memiliki program pertanian unggulan berupa kemitraan dengan petani-petani lokal dalam beberapa jenis budidaya tanaman Holtikultura seperti jagung dan singkong.

"Disamping itu KITA Bandar Lampung juga memiliki usaha pendistribusian beras sebagai upaya menjaga ketahanan pangan yang selanjutnya didistribusikan ke petani dengan harga yang lebih terjangkau," jelasnya.

Kyai Maman Imanul Haq, ketua KITA pusat menjelaskan bahwa Kerapatan Indonesia Tanah Air hadir bukan karena reaksi dari aktivitas sekelompok masyarakat tertentu, akan tetapi KITA hadir untuk terus meneguhkan moralitas dalam mengawal tujuan hidup berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Sekjen KITA, Ayep Zaki menambahkan bahwa apa yang menjadi tujuan KITA Bandar Lampung adalah sesuatu yang sangat mendasar yang harus mendapat dukungan dari semua pihak terkait utamanya para pemegang kebijakan di negeri ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi17 April 2024, 20:43 WIB

Bocah 12 Tahun Tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Sukabumi, Ini Kata Pemilik

Pemilik angkat bicara terkait insiden bocah 12 tahun tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi.
Wahana wisata kolam renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 April 2024, 20:37 WIB

Nasib Pilu Ato Warga Ciracap Sukabumi: Ditinggal Istri, Urus 2 Anak Tempati Rumah Reyot

Kisah Ato (51 tahun) bersama dua anaknya, Saidah (12 tahun), dan Anwar (10 tahun) warga Desa Cikangkung, Kabupaten Sukabumi. Kini ia tinggal dirumah reyot, ia pun ditinggal sang istri.
Kndisi rumah yang ditempati Ato dan dua anaknya di Cikangkung Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life17 April 2024, 20:00 WIB

8 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Pikiran Stres

Yuk Coba Sederet Tips Berikut Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Pikiran Stres.
Ilustrasi - Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari Saat Pikiran Stres (Sumber : Freepik)