Menu

18 Sep 2020, 09:45 WIB

Pasir Datar Sukabumi Dijadikan Kampung Reforma Agraria

Ketua DPC Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi, Rozak Daud. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam peringatan Hari Tani Nasional (HTN) ke-60, Kampung Pasir Datar dideklarasikan sebagai kampung reforma agraria. Kampung tersebut berlokasi di Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Pembukaan HTN ke-60 sendiri dilaksanakan serentak secara nasional melalui aplikasi zoom meeting. Di Sukabumi, acara tersebut digelar di dua tempat, yakni di Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Ketua DPC Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi, Rozak Daud mengatakan, dijadikannya Kampung Pasir Datar sebagai kampung reforma agraria adalah upaya untuk mengkonsolidasikan organisasi tani pasca terjadinya konflik agraria.

"Termasuk sebagai bagian dari langkah perjuangan menuju kedaulatan pangan," kata Rozak kepada sukabumiupdate.com, Kamis (17/9/2020).

BACA JUGA: Membedah Implementasi Reforma Agraria di Kabupaten Sukabumi

Rozak menuturkan, pihaknya mendorong lahirnya kampung reforma agraria yang lain. Sebab, kekuatan massa petani sebagai motor penggerak dalam memperjuangkan hak-haknya berasal dari kampung.

"Ini juga untuk mengawal redistribusi tanah dan membangun kehidupan secara kolektif," jelas Rozak.

Rojak menyebut, kampung reforma agraria merupakan wujud jawaban dalam hal persoalan ketimpangan kepemillikan tanah.

"Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang berawal dari inisiatif petani untuk dijadikan tolak ukur, bahwa ketika tanah didistribusikan pada rakyat, maka secara otomatis ada peningkatan kesejahteraan bagi petani," pungkasnya.

Rangkaian acara HTN tahun 2020 ini dimulai sejak tanggal 17 September hingga puncak acara di tanggal 24 September, yang juga bertepatan dengan Hari Tani.

Reporter : CRP 8
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pelayanan Kantor Telkom cabang Cicurug, Kabupaten Sukabumi sementara ditutup. Hal itu disampaikan kepada masyarakat melalui surat bertuliskan "Pelayanan Sementara Ditutup" yang disematkan pada pos satpam. Kabar beredar, penutupan ini...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan kasus terkonfirmasi positif bertambah 4.432 orang, pada Kamis, 22 Oktober 2020. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan sampai pukul 12.00 WIB, jumlah kasus harian positif...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Percepatan Penanganan (STPP) Covid-19 Kota Sukabumi mengumumkan adanya 8 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru pada Kamis (22/10/2020). Dengan penambahan tersebut, total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Usep Wawan melaksanakan reses ke tiga tahun 2020 di Kampung Pasir Malaka, Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu. Menggunakan protokol kesehatan Covid 19, anggota DPRD dari...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya