Menu

15 Agu 2020, 12:22 WIB

Keren Abis! Warga Cisaat Sukabumi Sulap Gang Kerajinan dengan Lukisan Indah

Lukisan di Gang Kerajinan yang berlokasi di RW 7 Desa Nagrak Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Ada yang berbeda saat Anda melewati Gang Kerajinan di wilayah Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Lokasi gang yang berada di RW 7 Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat itu disulap dengan berbagai lukisan menarik pada setiap dinding bangunan yang berada di gang. Suasananya sudah seperti galeri seni lukis.

Cerita ini berawal dari keresahan warga yang ingin mengembalikan jejak nama yang dulu pernah harum di Gang Kerajinan. Alhasil, para warga bersepakat membentuk komunitas bernama GURINDA07.

Lukisan di Gang Kerajinan yang berlokasi di RW 7 Desa Nagrak Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Ketua GURINDA07, Samsi (44 tahun) menuturkan, program pertama dari komunitasnya itu adalah menghias gapura Gang Kerajinan dengan konsep yang lebih menarik.

"Dalam rangka manaikan nama Gang Kerajinan yang hilang tanpa nama dengan punya ciri khas sentra manisannya. Yang dilukis di Gang Kerajinan memang tidak ada konsep, tapi potensi warga dalam seni lukis dan realif tembok sudah ada dari dulu," kata Samsi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (15/8/2020).

Gapura di Gang Kerajinan yang berlokasi di RW 7 Desa Nagrak Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

"Orang mencari Gang Kerajinan susah. Padahal sentra manisan Sukabumi ini sudah turun-temurun usahanya. Jadi kami membangun kembali jejak nama yang pernah harum di Gang Kerajinan," tambah Samsi.

Samsi mengungkapkan, beberapa lukisan dengan pemandangan laut, gunung, dan ikan hias tersebut mulai dikerjakan sejak bulan Juli 2020. Saat ini, berbagai sajian lukisan di Gang Kerajinan ini dapat dijadikan sebagai salah satu spot foto oleh warga.

"Alhamdulillah beres sampai kemarin. Sebenarnya masih banyak media yang harus dilukis, karena kami terbentur biaya operasional. Pembiayaan dari warga sekitar dan donasi anggota," pungkas Samsi.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) berhasil menjuarai balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona, Spanyol, Ahad, 27 September 2020. Ia mengungguli Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Alex Rins (Suzuki...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3.874 orang pada Ahad, 27 September 2020. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sebanyak 10 provinsi...

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam sebuah video konferensi pers yang dirilis oleh penyelenggara MotoGP kemarin (26/9/2020), Valentino Rossi rupanya mengaku kangen untuk bisa balapan di Indonesia. Melansir Suara.com, pembalap yang baru saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Hamami membuka secara resmi pelatihan Senam Bugar Jabar Juara Kota Sukabumi tahun 2020, Minggu (27/9/2020). Pelatihan tersebut diikuti oleh para instruktur senam. Turut...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya