Menu

07 Jul 2020, 10:30 WIB

Polres Sukabumi Kota Punya Polisi RW, Apa Tugasnya?

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni (pertama dari kiri) saat bersilaturahmi dengan warga sekaligus mensosialisasikan program polisi RW. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni meluncurkan program Polisi RW. Program tersebut merupakan salah satu program unggulan dari beberapa program inovasi dirinya dalam memelihara kondusifitas di wilayah.

Pemegang tongkat pimpinan Polres Sukabumi Kota tersebut menyebutkan bahwa Program Polisi RW merupakan salah satu program unggulan untuk mendeteksi segala permasalahan hingga ancaman gangguan yang akan terjadi di lingkungan masyarakat.

"Program ini sengaja kita buat untuk mendeteksi segala permasalahan yang ada di tengah masyarakat, sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah preventif Kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah," sebut AKBP Sumarni melalui telepon seluler, Senin (6/7/2020).

BACA JUGA: Hari Bhayangkara Ke-74, 144 SIM Gratis Diterbitkan Polres Sukabumi Kota

AKBP Sumarni juga menambahkan bahwa personil yang terlibat dalam Polisi RW tersebut harus berkoordinasi dan menjalin komunikasi dengan para ketua RW dan masyarakat yang ada di wilayahnya.

"Minimal Polisi RW tersebut harus berkoordinasi dan menjalin komunikasi hingga menyambangi para ketua RW dan masyarakat di wilayahnya setiap hari, sehingga segala informasi yang ada di lingkungan masyarakat dapat selalu termonitor," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, AKBP Sumarni menegaskan bahwa seorang Polisi RW memiliiki tugas dan tanggungjawab untuk berkoodinasi dengan 1 hingga 2 ketua RW dalam suatu wilayah.

BACA JUGA: Pesan AKBP Sumarni di Hari Bahayangkara, Pertahankan Zona Hijau Kota Sukabumi

"Nantinya di lapangan, selain berkomunikasi dengan masyarakat, seorang Polisi RW memiliki tugas dan tanggungjawab untuk berkoordinasi dengan 1 atau 2 ketua RW sekaligus, hal ini dikarenakan di setiap desa pun, kami sudah menempatkan anggota Bhabinkamtibmas," terangnya.

Selain melakukan deteksi dini, seorang Polisi RW memiliki tugas dan kewajiban lainnya yang tak kalah penting, seperti memberikan ceramah kamtibmas untuk mensosialisasikan pentingnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan kondusifitas menjelang pilkada kabupaten Sukabumi yang akan digelar pada bulan Desember mendatang.

BACA JUGA: Selamat Datang AKBP Sumarni, Kapolres Sukabumi Kota yang Baru

"Selain itu, seorang Polisi RW juga memiliki tugas lainnya yang tidak kalah penting, seperti mensosialisasikan protokol kesehatan, mengajak masyarakat untuk berperan aktif menciptakan kondusifitas menjelang pilkada 2020 serta mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi berbagai macam gangguan kamtibmas lainnya seperti pencurian hingga penyalahgunaan narkoba," ujar Sumarni. 

Dari data yang yang berhasil diperoleh, Polres Sukabumi Kota melibatkan sedikitnya 550 personil untuk menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan 969 ketua RW yang ada di 15 kecamatan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - M Fahri (10 tahun), bocah asal Tipar Gang Amarta 4 RT 03/05 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi dikabarkan hilang sejak Minggu (9/8/2020) siang sekitar pukul 13.00...

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah Zayyan Dhiyandra Hanifan (18 tahun) wisatawan yang tenggelam terseret ombak di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berhasil ditemukan, Minggu (9/8/2020) sekitar pukul 16.45 WIB. Informasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kegagalan Juventus di Liga Champions musim ini memberikan duka yang mendalam buat Cristiano Ronaldo. Pemain 35 tahun itu pun sampai curhat di akun Instagram pribadinya. Melansir Suara.com, Juventus...

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ikut serta dala. gerakan donor darah yang digagas komunitas lari Indorunners Sukabumi, yang digelar di Citimall Kota Sukabumi, Minggu (9/8/2020). Kegiatan tersebut digelar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya