Menu

05 Okt 2019, 16:35 WIB

Di Soekaboemi Tempo Doeloe, Fahmi: Perda Cagar Budaya Hadir Tahun Depan

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Andri S Hamami dan Kepala Setukpa Polri, Brigjen Pol Agus Suryanto merasakan suasana belajar di ruang kela era tahun 1970 an di acara Soekaboemi Tempo Doeloe. | Sumber Foto:Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memberikan angin segar terwujudnya perlindungan terhadap aset sejarah, baik bangunan, budaya dan lainnya melaluinya instrumen peraturan. Hadir di acara Soekaboemi Tempo Doeloe, Fahmi menegaskan tahun depan Kota Sukabumi harus memiliki peraturan daerah cagar budaya.

“Pemkot tengah membahas naskah akademik peraturan daerah (perda) cagar budaya dengan melibatkan berbagai elemen. Targetnya tahun depan perda untuk melindungi berbagai peninggalan sejarah bisa disahkan,” ungkap Fahmi didepan para pecinta sejarah yang hadir di acara festival dan pameran STD yang berlangsung di Wisma Wisduwardani, Jalan Bhayangkara, Sabtu (5/10/2019).

BACA JUGA: Bagusnya Pakai Kostum Jadul, Soekaboemi Tempo Doeloe Gratis Kuy!

Dikutip dari akun facebook Humas Kota Sukabumi, Fahmi menegaskan sejarah tidak hanya politik dan pemerintahan, tetapi pembangunan yang dilakukan pada masa lalu termasuk peninggalan sejarah yang harus dilestarikan. Di Indonesia kata Fahmi, hanya 5 kota/kabupaten yang memiliki ciri peninggalan sejarah yang sama pada masa Belanda yakni DKI Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, serta Kota Sukabumi.

“Di mana peninggalan bangunan hampir mirip dan jadi kebanggaan tersendiri.”

Kondisi ini menjadi pendorong bagi pemda dalam kerangka menjaga bangunan atau peninggalan dalam bentuk apapun. Menurut Fahmi hal tersebut menjadi bagian tidak terpisahkan dari sejarah agar teridentifikasi dan ada dasar hukum perlindungannya.

“Berharap Soekaboemi Tempo Doelu bukan menjadi melankolis atau berandai-andai pada waktu dulu, harapannya ke depan napak tilas dari berbagai perencanaan yang dilakukan pendahulu,'' imbuh Fahmi.

BACA JUGA: Menyimak Kisah Wisma Wisnuwardani, Lokasi Festival Soekaboemi Tempo Doeloe

Pemkot mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Dapuran Kipahare yang menggagas acara dan Setukpa Polri yang menyediakan lokasi acara. Kolaborasi ini lanjut Fahmi untuk mendukung Sukabumi sebagai kawasan wisata heritage di Jawa Barat.

Bersama Wakil Wali Kota Sukabumi  Andri S Hamami, Fahmi mendampingi Kepala Setukpa Lemdikpol Brigjen Agus Suryanto membuka festival STD. “Kita tidak bisa lepas dari sejarah dan sudah ditegaskan para pendahulu jangan pernah melupakan sejarah,” pungkasnya.

Perda Cagar Budaya sendiri akhir-akhir ini sering diserukan oleh para pegiat sejarah Sukabumi, menyusul makin terancamnya sejumlah bangunan bersejarah untuk kepentingan pembangunan. Terkini, bangunan taman kanak kanak era belanda di Jalan Bhayangkara harus diruntuhkan untuk pembangunan bioskop di Kota Sukabumi.

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md memastikan tak akan ada penundaan Pilkada 2020. Pilkada yang telah digeser jadwalnya menjadi 9 Desember 2020, akan tetap...

SUKABUMIUPDATE.com - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Endang L. Achadi memprediksi kehidupan normal baru di tengah wabah Covid-19 akan berlangsung lama. Menurut dia, itu karena butuh waktu yang...

SUKABUMIUDPATE.com - Liga Inggris secara resmi memberlakukan format lima pergantian pemain untuk sisa pertandingan musim 2019/20 yang akan digelar kembali pada 17 Juni mendatang. Sebagaimana diketahui, Liga Inggris sempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 17 bangunan di Sabang, Aceh, rusak ringan hingga berat akibat gempa yang mengguncang daerah itu pada Kamis pagi pukul 05.31 WIB. Gempa diukur Badan Meteorologi Klimatologi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya